Massa Penarik Becak Motor di Yogyakarta Lagi-lagi Gelar Aksi Demo

Edzan Raharjo - detikNews
Kamis, 22 Feb 2018 14:44 WIB
Demo penarik becak motor di Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Massa penarik becak motor di Yogyakarta kembali menggelar aksi demo. Mereka menuntut keberadaan becak motor di Yogyakarta dilegalkan.

Aksi demo berlangsung di depan gedung DPRD DIY dan kantor Gubernur DIY, Jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (22/2/2018). Massa mengatasnamakan Paguyuban Becak Motor Yogyakarta (PBMY).

Koordinator aksi, Parmin mengatakan sudah bertahun-tahun pemerintah tidak kunjung memberi kepastian soal legalitas becak motor di Yogyakarta. Janji pemerintah untuk membuat prototype becak motor juga. kata Parmin tidak kunjung terealisasi.

"Kami minta perlindungan, karena di lapangan yang melanggar tidak hanya becak motor, taksi online, ojek online pakai HP di jalan tidak ditegur. Polisi nggak berani geraji mesin taksi online, tapi kalau becak motor digeraji mesin berani, Pak," kata Parmin saat pertemuan dengan Dinas Perhubungan DIY di kompleks kantor Gubernur DIY.

Baca Juga: Dilarang ke Jakarta, Becak Tembus Eropa


Aksi demo penarik becak motor di Yogyakarta. Aksi demo penarik becak motor di Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapto Raharjo menemui massa. Dia menjelaskan, untuk membuat payung hukum ini pihaknya akan mengirim surat ke kementrian karena kewenangan ada di pusat.

Apabila kementrian menyerahakan keputusan di daerah maka bisa dibuat daerah. Sebelum ada payung hukum, penindakan terhadap pelanggaran sesuai undang-undang tetap dilakukan tetapi tidak boleh arogan seperti menggergaji becak motor.

"Sementara pakai aturan sepeda motor kalau kosong ya ditilang, kalau langgar aturan ya aturan pakai sepeda motor," kata Sigit Sapto Raharjo di kantor Gubernur DIY.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksono menambahkan pihaknya akan mencari solusi agar becak motor bisa berjalan sesuai aturan yang ada. Pihaknya mendukung kepolisian untuk melakukan penegakan hukum tetapi bagaimana agar roda ekonomi pengemudi becak motor tetap berjalan. Menurutnya, penegakan hukum seharusnya berjalan dengan gaya dan cara yang santun.

"Kita mendukung kepolisian untuk melakukan penegakan hukum," kata Yoeke usai menemui aksi para pengemudi betor di halaman DPRD DIY. (sip/sip)