3.000 Keluarga Terdampak Banjir Luapan BKT Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 16 Feb 2018 03:20 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
semarang - Banjir akibat luapan sungai banjir kanal timur (BKT) Semarang merendam rumah di lima Kelurahan di Kecamatan Gayamsari. Diperkirakan ada 3.000 keluarga terdampak luapan air itu.

Camat Gayamsari, Didik Dwi Hartono mengatakan dari 5 kelurahan yang terdampak, Sawah Besar dan Kaligawe merupakan yang terparah. Limpasan air sungai dengan cepat masuk ke pemukiman warga.

"Ada Pandean Lamper, Tambak Rejo, Sambirejo, paling besar Sawah Besar dan Kaligawe. Ada sekitar 3.000 KK yang terdampak," kata Didik di Sawah Besar, Semarang, Kamis (15/2/2018).

BPBD Kota Semarang dan tim medis saat ini masih bersiaga di lokasi banjir untuk antisipasi jika ada warga yang perlu dievakuasi karena ketinggian air ada yang mencapai pinggul orang dewasa.

"Kita masih terus melakukan pantauan," kata staf BPBD Kota Semarang, Rofiq Fauzan.

Diberitakan sebelumnya, luapan sungai BKT menyebabkan banjir berarus di jalan dan pemukiman warga. Kondisi cuaca saat ini sudah tidak hujan dan limpasan air mulai berkurang.

"Ini sudah dua kali dalam seminggu. Kalau daerah atas masih hujan, sini airnya penuh," ujar salah satu warga, Riki (28). (alg/bgs)