DetikNews
Kamis 15 Februari 2018, 07:01 WIB

Saat Ribuan Burung Menghiasi Malam Jalanan Kota Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Saat Ribuan Burung Menghiasi Malam Jalanan Kota Solo Lokasi ribuan burung bertengger saat malam hari di Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Senja tiba, matahari pun mulai tenggelam di ufuk barat. Seketika ribuan makhluk itu muncul di jalanan Kota Solo.

Mereka adalah ratusan, atau mungkin ribuan burung yang hanya keluar di saat malam. Setelah keluar dari persembunyiannya, burung-burung itu beterbangan dan hinggap di kabel-kabel listrik dan papan baliho di simpang empat Panggung, Jebres, Solo.

Pantauan detikcom, Rabu (14/2/2018) malam, burung-burung kecil itu berjajar rapi memenuhi seluruh kabel yang ada di lokasi itu. Beberapa burung lainnya terus beterbangan, seakan tak kebagian tempat.

Fenomena tersebut memang telah terlihat cukup lama. Penarik becak di sekitar lokasi, Suparno, mengatakan telah melihat pemandangan tersebut sejak belasan tahun yang lalu.

"Sepertinya 10 tahun lebih. Memang keluarnya hanya malam hari. Siang tidak tahu ke mana," kata penarik becak yang sejak 1996 kerap mangkal di simpang empat Panggung itu.

Seorang petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Surakarta, Arif, mengatakan hal serupa. Menurutnya, dalam 4 tahun terakhir jumlah burung itu semakin banyak.

"Itu kan Burung Sriti, keluarnya memang malam hari. Dulu sepertinya tidak sebanyak ini dan tidak sampai hinggap di kabel. Sekarang jumlahnya jauh lebih banyak," ungkap Arif.

Keberadaan Burung Sriti itu merupakan pemandangan yang cukup langka. Namun kadangkala, kemunculan mereka mengganggu para pengendara kendaraan bermotor.

"Kadang itu pengendara kena kotoran burung pas berhenti di lampu merah. Tapi selebihnya nggak mengganggu. Kabelnya nggak pernah gangguan," tutupnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed