DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 14:21 WIB

Terlapor Soal Video 'PDIP&PKI Siap Membantai Umat Islam' Seorang ASN

Uje Hartono - detikNews
Terlapor Soal Video PDIP&PKI Siap Membantai Umat Islam Seorang ASN Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei. Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - DPC PDIP Banjarnegara melaporkan salah seorang anggota di grup WhatsApp bernama 'KARTUNA SEMARKID' ke polisi. Polisi mengatakan bahwa terlapor merupakan seorang aparatur sipil negara (ASN).

Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Pricillia Ohei membenarkan jika terlapor terkait dugaan ujaran kebencian kepada PDIP di grup aplikasi Whatsapp 'Kartuna Semarkid' adalah seorang ASN. Selain memanggil terlapor, pihaknya masih melakukan pendalaman dengan meminta keterangan saksi-saksi. Seperti saksi ahli pidana serta ahli bahasa.

"Orang yang dilaporkan oleh PDIP soal dugaan ujaran kebencian memang seorang ASN. Tetapi kami masih perlu melakukan pendalaman terlebih dahulu," terangnya saat ditemui usai melakukan simulasi pengamanan Pilkada di Alun-alun Banjarnegara, Rabu (14/2/2018).

Disampaikan, proses penyelidikan ini dilakukan melalui beberapa tahapan. Sehingga akan diketahui mengarah kepada siapa yang sebenarnya melakukan ujaran kebencian.

"Sampai saat ini, kami belum bisa menetapkan tersangka. Kami sekarang masih melakukan pendalaman dengan mengumpulkan alat bukti dan meminta keterangan saksi," ujarnya.



Dengan adanya kasus ini, ia mengimbau kepada warga untuk tidak mudah menyebarkan berita. Apalagi, menjelang Pilkada dan Pemilu 2019 mendatang. Menurutnya, sebelum disebar harus dikroscek dulu dan menanyakan kepada orang yang berkompeten.

"Jadi kita harus benar-benar hati-hati sebelum share info atau berita. Sebaiknya harus memastikan dulu apakah berita tersebut hoax atau bukan. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman dan timbul keresahan antar warga," imbaunya.

Untuk Diketahui, DPC PDIP Banjarnegara melaporkan salah satu anggota yang ada di grup aplikasi Whatsapp 'Kartuna Semarkid'. Dalam grup tersebut, salah satu anggotanya membagikan video dengan cover bertuliskan 'PDI & PKI siap Membantai umat Islam'.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed