detikNews
Rabu 14 Februari 2018, 12:20 WIB

Kampanye Yogya Aman, Gadis-gadis Cantik Bagi 1.000 Bakpia di Malioboro

Edzan Raharjo - detikNews
Kampanye Yogya Aman, Gadis-gadis Cantik Bagi 1.000 Bakpia di Malioboro Penarik becak juga dapat bagian. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Salah satu dampak negatif penyerangan di Gereja Santa Lidwina, Bedog, Sleman adalah berkaitan dengan citra DIY sebagai tujuan wisata. Untuk membuktikan bahwa Yogyakarta tetap aman, sekelompok masyarakat gelar aksi simpatik dengan membagikan 1.000 Bakpia di jalan Malioboro Yogyakarta hari ini.

Aksi bagi-bagi Bakpia yang merupakan oleh-oleh khas dari Yogyakarta ini mendapat respon positif dari wisatawan asing maupun domestik. Tidak hanya wisatawan, gadis-gadis cantik dengan mengenakan baju tradisional China Cheong Sam ini juga membagikan pada penarik becak, andong dan PKL di kawasan Jalan Malioboro.

"Enak (Bakpia) baru sekali makan ini. Yogya aman, first time in Yogya," kata Ainne (19) wisatawan asal Thailand di jalan Malioboro Yogyakarta, Rabu (14/2/2018).

Sementara wisatawan Nusantara asal Makassar, Yuhlis (28) mengatakan bahwa Yogyakarta tetap aman untuk dikunjungi. Menurutnya, teror yang terjadi di Gereja Lidwina dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Sebagai warga ia berharap teror-teror tidak ada lagi terjadi di Indonesia. Dan semua warga bisa hidup dengan keanekaragamannya sebagai Bangsa Indonesia.

Ekspresi turis mancanegara saat menerima Bakpia. Ekspresi turis mancanegara saat mendapat Bakpia. Foto: Edzan Raharjo/detikcom

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menambahkan, kasus teror sudah ditangani dan jangan sampai terulang lagi. Jaminan keamanan tidak hanya dari pemerintah tetapi juga dari masyarakat üntuk gotong royong menjamin agar tidak terulang lagi. Masyarakat harus perhatikan lingkunganya dan tidak boleh cuek.

Kampanye Yogya Aman, Gadis-gadis Cantik Bagi 1.000 Bakpia di MalioboroWali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti ikut membagikan Bakpia. Foto: Edzan Raharjo/detikcom

"Peduli, tidak cuek, kalau ada orang asing (di lingkungannya) dan lain sebagainya jangan cuek. Care, bukan paranoid, dengan kembangkan sifat kepedulian, deteksi dini, itu penting," kata Haryadi di tengah aksi ini.

Kampanye Yogya Aman, Gadis-gadis Cantik Bagi 1.000 Bakpia di MalioboroSeorang warga saat mendapat Bakpia yang dibagikan gadis berpakaian khas China. Foto: Edzan Raharjo/detikcom

Pemilik salah satu merek Bakpia di Yogyakarta, Benyamin Siek Fendi Sanjaya mengatakan kegiatan bagi-bagi bakpia ini juga untuk menyambut Imlek dan membuktikan bahwa kondisi Yogyakarta aman, tentram damai. Bakpia sebagai makanan khas Yogya juga bisa lebih dikenal wisatawan.

"Äda 1.000 yang kita bagikan. Untuk buktikan bahwa Yogyakarta itu masih aman, tentram, damai sejahtera. Wisatawan tetap datang ke Yogya," kata Benyamin.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com