DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 22:32 WIB

Pilkada Jateng 2018

Besok Ganjar Masih Gubernur Aktif, KPU Imbau agar Hati-hati

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Besok Ganjar Masih Gubernur Aktif, KPU Imbau agar Hati-hati Ganjar Pranowo (Foto: dok. Pemprov Jateng)
Semarang - Ganjar Pranowo, yang resmi menjadi calon Gubernur Jateng nomor urut 1, akan tetap bekerja sebagai Gubernur Jateng selama sehari besok. KPU pun mengimbau agar Ganjar berhati-hati.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, sebelum masa kampanye tanggal 15 Februari 2018, Ganjar masih melakukan tugasnya sebagai Gubernur Jateng, yang artinya hanya tersisa hari Rabu (14/2) besok.

"Waktu satu hari, Pak Ganjar masih gubernur. Hati-hati," kata Joko seusai rapat pleno pengundian nomor urut di Hotel Patrajasa, Semarang, Selasa (13/2/2018).

Peringatan Joko itu berkaitan dengan netralitas Ganjat sebagai kepala daerah. Joko menjelaskan, setelah penetapan paslon, seluruh ketentuan dan larangan langsung melekat.

"Tanggal 15 Februari (Ganjar) sudah cuti di luar tanggungan negara," tegasnya.

Sementara itu, Ganjar mengatakan salah satu tugas terakhirnya sebelum cuti adalah melantik penjabat bupati/wali kota yang kepala daerahnya juga maju lagi dalam pilkada serentak.

"Besok masih melantik penjabat bupati yang (kepala daerah definitifnya) ikut pilkada," tandas Ganjar.

Terkait cuti di luar tanggungan negara, berarti Ganjar harus pindah dari rumah dinas Gubernur Jateng. Ia sudah mendapatkan kontrakan dan mencicil pindahan hari ini.

"Pindahan rumah besok sore, ini tadi nyicil kaus kaki, pemean (jemuran)," kata Ganjar bercanda.

Untuk diketahui, Ganjar mendapatkan nomor urut 1 dalam Pilgub Jateng. Ia didampingi Taj Yasin sebagai calon Wakil Gubernur Jateng. Sedangkan lawannya adalah pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, yang mendapat nomor urut 2.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed