detikNews
Kamis 08 Februari 2018, 15:20 WIB

Tanah Gerak di Pemukiman, Puluhan Warga di Banjarnegara Mengungsi

Uje Hartono - detikNews
Tanah Gerak di Pemukiman, Puluhan Warga di Banjarnegara Mengungsi Tanah gerak di Desa Metawana, Banjarnegara (Foto: Dok. Kades Metawana)
Banjarnegara - Tanah gerak kembali terjadi di Banjarnegara. Jika sebelumnya terjadi di Desa Bantar Kecamatan Wanayasa, kali ini terjadi di Desa Metawana Kecamatan Pagentan. Sedikitnya 13 rumah rusak. 46 jiwa harus mengungsi.

Kepala Desa Metawana, Untung Saefudin, mengatakan sejak terjadi tanah gerak pada Sabtu (27/1) lalu kondisi tanah masih labil. "Sampai sejauh ini ada 13 rumah warga yang rusak. Kemarin, saat hujan tanahnya masih bergerak," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (2/8/2018).

Saat ini, warga yang rumahnya terdampak mengungsi di rumah saudaranya. Sebab, selain beberapa rumah sudah tidak layak dihuni, juga untuk menghindari terjadinya korban jiwa. Sebab, tanah gerak bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Untuk jumlah jiwa yang mengungsi ada 46 warga. Saat ini, warga terpaksa mengungsi di rumah saudaranya di Desa Metawana," kata Untung.

Tanah Gerak di Pemukiman, Puluhan Warga di Banjarnegara MengungsiSeorang warga di rumahnya yang mengalami kerusakan (Foto: Dok. Kades Metawana)

Nantinya, 13 rumah tersebut akan direlokasi ke tanah kas milik desa. Namun, lokasi tersebut hingga saat ini belum mendapat kajian geologi. Delam waktu dekat, pihak pemerintah desa akan melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan kajian termasuk status tanah tersebut.

"Sampai saat ini belum ada kajian geologi. Tapi kami berusaha agar relokasi ini cepat dilakukan," ujarnya.

Miskiah (69), salah satu warga yang rumahnya rusak akibat tanah gerak, mengaku terpaksa mengungsi karena retak-retak di bagian dinding dan lantai rumahnya semakin parah. Apalagi tanah gerak masih terus terjadi.

"Saya bersama 4 anggota keluarganya mengungsi. Karena kondisi rumah sudah rusak di bagian dinding. Sedangkan lantai ambles," terangnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed