DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 12:51 WIB

Lahan Pertanian dan Fasilitas Umum di Dukuhseti Pati Teredam Banjir

Arif Syaefudin - detikNews
Lahan Pertanian dan Fasilitas Umum di Dukuhseti Pati Teredam Banjir Lahan pertanian tergenang banjir (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati - Banjir yang melanda Desa Grogolan, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Kamis (8/2/2018) pagi mengakibatkan lahan pertanian warga dam fasilitas umum terendam banjir. Berdasarkan pantauan hamparan sawah, sekolah, SPBU dan sejumlah fasilitas umum lainnya tergenang.

Tamam, Ketua kelompok tani Desa Grogolan menyebutkan di desa setempat terdapat 140 hektare lahan pertanian padi. Sedangkan akibat banjir yang menerjang pagi ini, setidaknya hampir separuh dari luasan lahan tersebut terendam dan terancam gagal panen.

"Yang terkena banjir hampir 50 persen. Dengan kondisi seperti ini, dan umur padi yang sudah tua, terancam gagal panen," jelasnya kepada detikcom, Kamis (8/2/18).

Lahan Pertanian dan Fasilitas Umum di Dukuhseti Pati Teredam BanjirSekolah tergenang, siswa dipulangkan (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Tak hanya sawah, SD Grogolan 1 juga lumpuh. Kegiatan belajar mengajar terpaksa dihentikan karena gedung sekolah direndam banjir.

"Anak saya yang belajar di sana tadi saat saya antar terus pulang lagi. Karena tadi pagi air cukup tinggi, sekitar 30 cm," imbuh Tamam.

Baca juga: Jalanan Terendam Banjir, Jalur Tayu–Dukuhseti Lumpuh

Lahan Pertanian dan Fasilitas Umum di Dukuhseti Pati Teredam BanjirSawah warga yang tergenang (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Kepala Pelaksana BPB Pati, Sanusi, mengaku pihaknya kini tengah melakukan pemantauan di sejumlah Desa terdampak di Kecamatan Dukuhseti. Menurutnya, banjir tersebut akibat guyuran hujan deras yang terjadi pada Rabu (7/2/18) dini hari.

"Saat ini air di desa-desa terpantau rata-rata 20 sampai 30 cm. Kondisinya (air) tenang, mungkin lama ini (menggenang). Air sudah masuk di pekarangan rumah warga dan sebagian juga sudah mulai masuk ke dalam rumah. Yang paling dalam di depan SPBU Desa Bakalan Dukuhseti, kedalaman sekitar 50 cm," jelasnya saat dihubungi.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed