DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 11:49 WIB

Tanggul Jebol Di Pati

Jalanan Terendam Banjir, Jalur Tayu–Dukuhseti Lumpuh

Arif Syaefudin - detikNews
Jalanan Terendam Banjir, Jalur Tayu–Dukuhseti Lumpuh Jalanan terendam banjir (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -
Jalanan Terendam Banjir, Jalur Tayu–Dukuhseti LumpuhJalanan sama sekali tak terlihat tertutup banjir (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Akibat guyuran hujan deras semalam, jalur utama penghubung antar kecamatan Tayu-Dukuhseti di Pati, Kamis (8/2/2018) pagi terendam banjir akibat tanggul jebol. Banjir setinggi 30-50 cm mengakibatkan akses jalur tersebut tertutup dan sulit dilalui.

Agus Hendri, warga desa Ngagel kecamatan Dukuhseti, menyebutkan hujan deras semalam mengakibatkan tanggul Kalikalong yang berada di Desa Bakalan, Dukuhseti jebol. Jebolnya tanggul ditengarai akibat debit air yang melampaui batas kekuatan.

"Banjir karena hujan sejak semalam, ditambah tanggul Kalikalong jebol, kira-kira jam 8 pagi tadi. Soalnya sekitar jam 7.30 WIB tadi masih aman. Airnya mulai menggenang jam 9.00 WIB pagi tadi," tuturnya saat ditemui di lapangan.


Beberapa kendaraan seperti truk muatan, mobil dan sepeda motor sempat nekat untuk melintasi jalur tersebut. Namun justru beberapa diantaranya mogok karena memaksa menerjang banjir.

"Tadi saya iseng bolak-balik untuk ngecek. Dan ternyata yang tergenang sekitar 2 kilometer jalan ini. Ketingian rata-rata dari lutut orang dewasa sampai paha. Jadinya ini jalan tidak kelihatan," terangnya.

"Truk macet juga banyak. Motor mobil mogok, air campur material tanah dari gunung Muria," lanjut Agus.

Jalanan Terendam Banjir, Jalur Tayu–Dukuhseti LumpuhSeorang pemotor nekat melintasi banjir (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Pati, Sanusi, mengaku pihaknya sedang dalam perjalanan untuk meninjau lokasi banjir yang dilaporkan. Belum diketahui secara pasti kerugian yang terjadi akibat kejadian tesebut.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed