DetikNews
Kamis 08 Februari 2018, 10:17 WIB

Longsor di Brebes Rusak 5 Rumah dan Putuskan Akses Jalan

Imam Suripto - detikNews
Longsor di Brebes Rusak 5 Rumah dan Putuskan Akses Jalan Longsor di Bantarkawung, Brebes (Foto: dok. BPBD Brebes)
Brebes - Lima rumah di Dukuh Marenggeng, Desa Sindangwangi, Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah, rusak akibat longsor. Longsor juga memutus akses jalan Bantarkawung - Ketanggungan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes, Eko Andalas, mengatakan longsor terjadi akibat hujan deras di kawasan selatan Kabupaten Brebes sejak Rabu malam. Akibatnya, tebing setinggi 25 meter sepanjang 50 meter mengalami longsor. Longsoran tanah ini menimbun ruas jalan poros Bantarkawung - Ketanggungan dan merusak rumah warga.

"Lima rumah warga ini terkena timbunan material dan rusak. Namun tidak sampai roboh. Ada juga rumah yang kondisinya kritis karena tanahnya sudah geser terkena gerusan air. Rumah-rumah ini berada di tepi jurang yang longsor," ujar Eko Andalas, Kamis (8/2/2018) pagi.

Longsor di Brebes Rusak 5 Rumah dan Putuskan JalanLongsor menutup badan jalan (Foto: dok. BPBD Brebes)

Untuk sementara, para pemilik rumah sudah pindah ke tempat yang lebih aman. Hal itu diputuskan mengingat intensitas curah hujan di kawasan selatan Brebes masih cukup tinggi sehingga berpotensi akan terjadi longsor susulan.

Akibat kejadian ini, akses jalan poros tengah ini lumpuh total. Hari ini, sambung Eko Andalas, pihak DPU sudah mendatangkan alat eksavator untuk membuang material tanah yang menutupi jalan.

"Warga dan TNI/Polri juga sudah bekerja untuk membantu membuka akses jalan yang tertutup itu," tambahnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed