DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 16:58 WIB

DIY Anggarkan Rp 1,4 M Agar Generasi Milenial Bisa 'Sinau Pancasila'

Edzan Raharjo - detikNews
DIY Anggarkan Rp 1,4 M Agar Generasi Milenial Bisa Sinau Pancasila (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Yogyakarta - Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengenalkan sebuah program sosialisasi mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial di daerah tersebut. Sasarannya adalah 8.800 remaja di 78 kecamatan. Dana yang dianggarkan mencapai Rp 1,4 miliar. Akan seperti apa bentuknya?

Ketua komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengatakan menggelorakan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial sangat mendesak untuk menepis sikap intoleransi, terkoyaknya kebhinekaan, paham terorisme, radikalisme, esktrimisme, narkoba dan kenakalan remaja seperti 'klithih' yang sering terjadi di daerah itu.

"Biaya Rp 1,4 miliar dari APBD DIY. Dilaksanakan di 78 kecamatan ditambah 10 pertemuan, setiap pertemuan 100 orang. Tahun 2018 ini fokus pada generasi milineal," kata Eko Suwanto di Gedung DPRD DIY, Rabu (7/2/2018).

Sinau bareng atau belajar bersama tentang Pancasila itu akan menyasar 8.800 orang sehingga diharapkan di tahun 2018 ini akan ada 8.800 kader Pancasila di seluruh DIY. Jika ditambah pada 2017 lalu maka menjadi 15.200. Harapannya DIY akan menjadi daerah pelopor Pancasila.

Sekretaris Badan Kesbangpol DIY, Sugeng Irianto, mengatakan 'Sinau Pancasila' akan dimulai Kamis (8/2/) besok di Kabupaten Sleman, kemudian di Kulonprogo pada Februari-Maret, kota Yogyakarta pada April-Mei, Gunungkidul setelah lebaran dan Bantul pada bulan September.

"Akan diisi 5 materi yaitu Pancasila dan kebhinekaan, UUD 45, NKRI, dan strategi deteksi dini pencegahan konflik sosial di DIY. Nanti ada paparan, diskusi, diskusi kasus, diskusi kelompok, diharapkan nanti ada rekomendasi," kata Sugeng.

Sedangkan Sekretaris Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, Surono, mengatakan menyoroti metode penyampaian tentang Pancasila. PSP saat ini tengah mengembangkan indeks ketahanan ideologi Pancasila untuk mengukur sejauh mana ketahanan ideologi Pancasila dikalangan generasi muda.

"Bagaimana membuat Pancasila itu menarik, tidak hanya seminar dan diskusi. Yang membuat menarik adalah metode penyampaianya," kata Surono.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed