DetikNews
Selasa 06 Februari 2018, 15:14 WIB

Diguyur Hujan Hujan Deras, Talut Sekolah di Pekalongan Ini Longsor

Robby Bernardi - detikNews
Diguyur Hujan Hujan Deras, Talut Sekolah di Pekalongan Ini Longsor TNI, Polri dan warga gotong royong menyingkirkan material longsor. Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Akibat curah hujan yang tinggi, talut di SD N Depok Kecamatan Lebakbarang, Pekalongan longsor. Longsornya pembatas pagar sekolahan ini mengancam tiga ruang di SD setempat.

Tidak ada korban, mengingat jatuhnya longsoran talut menuju ke jalan desa setempat.

Kepala SD N Depok, Dahlan, saat ditemui detikcom, Selasa (06/02) menjelaskan robohnya talut atau bangunan pagar sepanjang 15 meter dengan tinggi 4 meter tersebut telah diantisipasi oleh sekolah. Mengingat, sejak intensitas curah hujan tinggi, pada hari Sabtu (3/2) talut sudah mulai retak-retak.

"Di sini hujan terus. Sejak sabtu sini sudah retak-retak. Dan akhirnya roboh seperti ini," kata Dahlan.

Diakui Dahlan, kendati yang terkena longsor hanya talut sekolah, pihaknya juga merasa khawatir mengingat ruang guru maupun tiga ruangan lainnya kini terancam longsor. Jarak ruangan ini dengan talud yang longsor kurang dari satu meter.

"Ini tidak mengganggu, tapi kita harus ekstra hati-hati juga. Kita ekstra awasi anak-anak agar tidak bermain di sekitar lahan yang longsor," jelasnya.

Ditambah lagi diperkirakan intesitas hujan akan masih tinggi. Dia khawatir hujan yang terus mengguyur akan menggerus tanah di belakang dan depan gedung sekolahnya.

"Jalan ke kelas ya lewat sini. Harus hati-hati karena berjarak dekat dengan yang longsor. Kita khawatirnya bila hujan datang akan menggerus ruangan lainnya juga," kata Dahlan.

Sementara itu proses evakuasi dinding yang terbawa longsor dilakukan dengan gotong royong oleh warga setempat dan dibantu dari petugas TNI Koramil Lebakbarang dan anggota Polsek Lebakbarang.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed