DetikNews
Sabtu 03 Februari 2018, 16:48 WIB

Diguyur Hujan Sejak Kemarin, Longsor Melanda 2 Kecamatan di Kudus

Akrom Hazami - detikNews
Diguyur Hujan Sejak Kemarin, Longsor Melanda 2 Kecamatan di Kudus Longsor di Kudus hari ini. Foto: Dok BPBD Kudus
Kudus - Bencana tanah longsor melanda wilayah Kabupaten Kudus, tepatnya di Kecamatan Dawe dan Gebog siang ini. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala BPBD Kudus Bergas C Penanggungan mengatakan, longsor terjadi di Desa Kambangan, Kecamatan Gebog dan di Desa Japan, Kecamatan Dawe. Longsor diperkirakan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 10.00 WIB.

"Longsor terjadi di RT 5 RW 5 Desa Kambangan, samping rumah bu Watini. Longsor nimpa dapur rumah pak Budiono. Panjang longsor 8 meter, dan tinggi 4 meter," kata Bergas dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Sabtu (3/2/2018).

Menurut Bergas, longsor juga melanda titik lain di desa sama yakni di bawah rumah Subari. Longsor menutup sebagian badan jalan.

"Info sementara tidak ada korban jiwa. Hanya longsor menutup sebagian jalan dan merusak sebagian dapur," terangnya lebih lanjut.

Longsor yang terjadi di Desa Japan terjadi di dekat rumah warga. Namun pihakya masih menunggu info lanjutan dari lapangan. Bencana tanah longsor ini disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah itu, sejak Jumat (2/2) hingga hari ini.

Untuk jalan yang tertutup tanah longsor tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. Mobil masih bisa melintas meski perlahan. Pengendara juga harus ekstra hati-hati karena jalan menjadi licin.

"Hanya saja, karena jalur di sana memang sepi, jadi ya tidak begitu mengganggu. Cuma karena masih hujan, jadi ya agak miris aja," ungkapnya lebih lanjut.

Hingga saat ini, pihaknya masih menyiagakan relawan untuk antisipasi terjadinya longsor susulan dan juga berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Warga juga masih melakukan penanganan longsor juga," terangnya.

Pihaknya juga mengimbau warga tetap waspada. Selain itu, Siskamling di wilayah ini ditingkatkan saat jam rawan seperti ketika hujan deras dengan durasi cukup lama. Warga juga diminta memahami dan mengetahui tanda-tanda longsor dan bahayanya.

Bila bahaya, lanjut dia, lebih baik sementara waktu menghindar atau evakuasi sementara di tempat yang lebih aman.

"Menyiapkan peralatan penanganan sedehana, termasuk personel siaga di desa," tuturnya.

Tingginya intensitas hujan di wilayah Kudus juga berakibat adanya pohon tumbang. Seperti yang terjadi di Singocandi, Kecamatan Kota.

"Pohon tumbang di Singocandi tadi," kata seorang warga di desa itu, Yudha kepada wartawan via pesan pendek.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed