DetikNews
Jumat 12 Januari 2018, 12:28 WIB

Tanggul Longsor Ancam Peternakan, Pertanian dan Permukiman di Jepara

Wikha Setiawan - detikNews
Tanggul Longsor Ancam Peternakan, Pertanian dan Permukiman di Jepara Tanggul longsor di Jepara. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jepara - Tanggul Sungai Serang Welahan Drainage (SWD) II di Desa Gerdu Kecamatan Pecangaan, Jepara tergerus air dan longsor. Tanggul ini kini menjadi rawan ambrol.

Tanggul yang longsor tersebut mengancam puluhan rumah peternakan sapi, lahan pertanian dan sekitar 200 kepala keluarga (KK) di Dusun Doropayung Desa Kaliombo Kecamatan Pecangaan. Sebab, panjang longsor tanggul mencapai 13 merer dan lebar 6 meter. Untuk saat ini, warga setempat mengantisipasi menggunakan bambu untuk menahan tanah.

Kepala Desa Gerdu, Hafid menuturkan bahwa tanggul longsor tersebut sudah terjadi sekitar satu bulan lalu. Pihak desa sudah mengajukan permohonan bantuan logistik darurat seperti sak dan tanah urug ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat.

"Sudah kami ajukan dan sempat dilakukan peninjauan. Tapi bantuan belum turun. Kami terpaksa pakai bambu untuk menahan longsor aupaya tidak melebar," ujarnya kepada detikcom, Jumat (12/1/2018).

Hafid melanjutkan dikhawatirkan jika tanggul tersebut tidak segera mendapat penanganan justru akan jebol dan mengakibatkan banjir.

"Ini kan musim hujan. Kalau sampai jebol itu bisa berdampak pada puluhan rumah ternak sapi, lahan pertanian dan pemukiman di Dusun Doropayung yang ada sekitar 200 KK," ungkapnya.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara, Pujo Prasetyo saat dimintai konfirmasi menyampaikan, selain di Desa Gerdu tanggul yang rawan ambrol juga terjadi di perbatasan Desa Gedangan dan Ketileng Singolelo Kecamatan Welahan. Tanggul tersebut ambrol, meski sudah dilakukan perbaikan sementara.

"Kami minta pihak desa untuk bisa mengajukan bantuan supaya segera ada penanganan. Bantuan karung plastik kepada dinas terkait untuk menahan supaya tidak longsor," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed