DetikNews
Jumat 05 Januari 2018, 10:07 WIB

Tebing Longsor di Banjarnegara Tutup Jalan Kabupaten

Uje Hartono - detikNews
Tebing Longsor di Banjarnegara Tutup Jalan Kabupaten Gotong royong memberihkan material longsor. Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Hujan deras yang mengguyur Banjarnegara pada Kamis (5/1) membuat tebing setinggi 12 meter di Desa Paweden Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara longsor. Akibatnya material tersebut menutup akses jalan kabupaten.

Saat ini Jumat (5/1/2018), BPBD Banjarnegara, relawan dan warga setempat bergotong royong membersihkan material longsor. Namun diperkirakan butuh yang lama untuk membersihkannya karena banyaknya material longsor.

Salah seorang warga Paweden Misro mengatakan ada lima desa yang terdampak dari longsor tersebut. Saat ini warga dari lima desa itu harus memutar hingga 8 kilometer untuk pergi kantor kecamatan atau pusat kabupaten.

"Longsor ini menutup akses jalan warga di lima desa. Meski tidak sampai terisolir namun warga harus memutar hingga 8 kilometer," ujarnya di sela-sela pembersihan material longsor Jumat (5/1/2018).

Kepala BPBD Banjarnegara Arief Rahman menambahkan lebar longsoran sekitar 7 meter. Hal ini karena hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah tersebut dalam waktu yang lama.

"Hujan terjadi pada Kamis (4/1) dari malam hari hingga sore hari. Sehingga pada Kamis sore tebing setinggi 12 meter longsor," ujarnya.

Untuk pembersihan diperlukan alat berat agar memudahkan proses pembersihan. Selain itu juga membutuhkan mobil dum truk guna membawa material longsor. Karena tidak memungkinkan jika material longsor dibuang di kebun salak milik warga di sekitar tempat kejadian.

Ia mengimbau kepada warga untuk terus waspada terutama bagi warga yang tinggal di daerah rawan tanah longsor.

"Salah satunya dengan mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi hujan dalam waktu yang lama," imbaunya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed