DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 13:30 WIB

1 Pasien Suspect Difteri, RSUD Banjarnegara Siaga Dokter Anak 24 Jam

Uje Hartono - detikNews
1 Pasien Suspect Difteri, RSUD Banjarnegara Siaga Dokter Anak 24 Jam Ruang khusus pasien suspect difteri di RSUD Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara menyiagakan dokter anak selama 24 jam. Keputusan itu menyusul adanya satu pasien suspect difteri yang sempat dirawat di rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara, Agung Budianto, mengatakan sebelumnya ada satu pasien dari kelurahan Parankancanggah yang dirawat karena diduga menderita penyakit difteri. Namun setelah dilakukan pemeriksaan hasilnya negatif.

"Sempat dirawat di sini selama 3 hari. Hanya suspect, hasilnya negatif. Sekarang sudah pulang," ujarnya saat di temui di RSUD Jumat (15/12/2017).

Meskipun negatif, namun upaya antisipasi tetap dilakukan. Salah satunya dokter anak yang ada rumah sakit tersebut dikondisikan sealu siaga 24 jam penuh sehingga jika ada kasus serupa bisa langsung ditangani oleh dokter anak.

"Di RSUD Hj Anna Lasmanah ini ada 4 dokter anak," kata dia.

1 Pasien Suspect Difteri, RSUD Banjarnegara Siaga Dokter Anak 24 JamPoli Anak RSUD Banjarnegara (Foto: Uje Hartono/detikcom)

Selain itu, lanjut Agung, pihaknya juga menyediakan ruang isolasi. Hal ini dimaksudkan agar ketika ada pasien difteri tidak menular ke pasien lain. "Daya tampungnya bisa untuk 10 pasien," sebutnya.

Terpisah, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, memerintahkan Dinas Kesehatan setempat terus memantau kemungkinan penyebaran difteri di daerahnya. Selain itu, dia juga magar dilakukan imunisasi massal untuk mengantisipasi penyebaran penyakit difteri.

"Bagi sebagian orang yang berkeyakinan tidak mau imunisasi anaknya Dinas Kesehatan harus memberikan pemahaman. Sehingga semua anak bisa mengikuti imunisasi," kata dia.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed