DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 13:02 WIB

Sambut UU Kepalangmerahan, Relawan PMI di Banjarnegara Cukur Gundul

Uje Hartono - detikNews
Sambut UU Kepalangmerahan, Relawan PMI di Banjarnegara Cukur Gundul Aksi potong gundul relawan PMI di Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Berbagai cara dilakukan PMI menyambut disahkannya RUU Kepalangmerahan menjadi UU. Seperti salah satunya yang dilakukan sejumlah relawan di kantor PMI Banjarnegara, siang ini.

Mereka rela memangkas habis rambut kepala sebagai wujud syukur atas disahkannya UU tersebut.
M Alwan Rifai salah satu relawan PMI yang ikut aksi cukur gundul mengatakan aksi ini dilakukan sebagai wujud syukur atas disahkannya UU Kepalangmerahan.

Sehingga kata dia, dalam menjalankan tugas kemanusiaan di lapangan ada payung hukum yang jelas.

"Sebelumnya saya belum pernah potong gundul. Tapi demi menyambut disahkannya RUU Kepalangmerahan saya rela ikut aksi potong rambut gundul ini," tuturnya di Markas PMI Banjarnegara Selasa (12/12/2017).

Kepala Markas PMI Banjarnegara Edi Purwanto menuturkan penantian bertahun-tahun akhirnya berbuah manis. Setelah sebelumnya RUU ini digodok di DPR dan terjadi perdebatan panjang sampai 10 tahun.

Aksi potong gundul relawan PMI di Banjarnegara.Aksi potong gundul relawan PMI di Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom

"Dengan disahkannya UU Kepalangmerahan ini menjadi payung hukum yang kuat dalam menjalankan tugas kemanusiaan," kata dia.

Lebih jauh, dengan disahkannya UU ini juga menjadi dasar penggunaan lambang dan logo PMI sebagai satu-satunya organisasi kemanusiaan yang ada di Indonesia. Hal ini menurutnya sesuai tag line yakni satu negara satu lambang.

"Dengan diterbitkannya UU Kepalangmerahan ini diharapkan pelayanan PMI terhadap masyarakat semakin meningkat," harapnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed