DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 17:43 WIB

Antisipasi Difteri, Dinkes Gunungkidul Optimalkan Imunisasi

Usman Hadi - detikNews
Antisipasi Difteri, Dinkes Gunungkidul Optimalkan Imunisasi Foto: Grandyos Zafna/detikHealth
gunungkidul - Di Kabupaten Gunungkidul belum ada laporan warga yang terkena difteri. Untuk mengantisipasi penyakit tersebut, warga Gunungkidul diimbau waspada. Warga yang belum diimunisasi untuk segera dilakukan imunisasi.

"Sampai saat ini belum ada, tidak ada kasus difteri di Gunungkidul. Suspect (difteri) juga belum ada," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka saat dihubungi detikcom, Senin (11/12/2017) sore.

Dia mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan warga yang terserang difteri. Namun pihaknya tetap waspada dan mengajak warga rutin melakukan imunisasi.

Menurutnya, cara yang paling efektif mencegah penyakit difteri adalah dengan mengoptimalkan program imunisasi. Oleh sebab itu dia mengajak masyarakat untuk membawa balitanya rutin mengikuti imunisasi yang dijadwalkan pemerintah.

Video 20Detik: Kurangnya Imunisasi Penyebab Tingginya Angka Kematian Akibat Difteri

[Gambas:Video 20detik]



"Jangan sampai balita tidak diimunisasi," imbuhnya.

Selain imunisasi, Dinkes Gunungkidul juga mengoptimalkan peran puskesmas untuk melakukan pembinaan dan pemantauan langsung kepada warga di tiap-tiap desa. Harapannya warga tanggap bila ditemukan tanda-tanda difteri yang menyerang keluarga atau para tetangganya.

"Karena sekarang ini (kasus difteri) sedang marak. (Puskesmas) menjadi sarana informasi untuk meningkatkan upaya pencegahan," paparnya.

Meski meminta warga waspada, Priyanta meminta masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam merespon kasus difteri. Menurutnya warga tidak perlu khawatir asalkan sudah menjalani imunisasi secara rutin dan sudah menjaga kebersihan lingkungan secara optimal.

"Kita sudah lakukan antisipasi (lingkungan pasca banjir). Kita lakukan fluorid untuk menetraralkan air dari beberapa penyebab bakteri," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed