DetikNews
Jumat 08 Desember 2017, 10:48 WIB

Pertamina Lakukan Extra Dropping Elpiji 3 Kg di Pantura

Robby Bernardi - detikNews
Pertamina Lakukan Extra Dropping Elpiji 3 Kg di Pantura Foto: Robby Bernardi/detikcom
Pekalongan - Untuk mengatasi kelangkaan gas elpiji 3 kg di wilayah Pantura, Pertamina Marketing Operation Region IV wilayah Jateng DIY, melakukan extra dropping. Sekitar 20.160 gas elpiji 3 kg didistribusikan di Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal.

Hal tersebut dikatakan Andar Titi Lestari, Unit Manager Comm & CSR MOR IV PT Pertamina (Persero) pada detikcom, Jumat (08/12), melalui pesawat telponnya.

"Kegiatan Operasi Pasar dan tambahan fakultatif ini kami lakukan untuk periode tanggal 8-9 Desember 2017," kata Andar Titi Lestari, Unit Manager Comm & CSR MOR IV PT Pertamina.

Menurutnya, khusus untuk tambahan fakultatif atau extra dropping, dilakukan di Kota Pekalongan sebanyak 5.600 tabung, Kabupaten Pekalongan 9.520 tabung, Kabupaten Pemalang 3.360 tabung dan Kabupaten Tegal 1.680 tabung.

Menurut Andar, pendistribusian LPG 3 kg yang selama ini dilakukan sudah sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.

Saat dikonfirmasi ada tidaknya yang tidak tepat sasaran, dia menjelaskan pihaknya memerlukan pegawasan lebih lanjut dari pihak pemerintah daerah yang bersangkutan.

"Kami berkomitmen penuh dalam hal pendistribusian. Namun demikian, dukungan penuh dari masyarakat, dan Pemda sebagai pengawasan di lapangan sangatlah diperlukan agar pendistribusian LPG 3 kg dapat tepat sasaran," jelasnya.
Pertamina lakukan operasi pasarPertamina lakukan operasi pasar Foto: Robby Bernardi/detikcom

Dijelaskan Andar, LPG 3kg perlu disadari keperuntukannya untuk rakyat miskin dan para usaha mikro, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang penyediaan dan pendistribusian LPG. Menurutnya, kebijakan penerapan distribusi LPG 3kg berbeda dengan non-PSO dimana Pertamina mengikuti Peraturan Menteri ESDM No.26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG.

"Pada pasal 18-20 tentang pendistribusian LPG dan pengguna LPG tertentu dalam hal ini adalah LPG 3Kg. Dimana Pertamina hanya bertanggung jawab melakukan pengawasan sampai dengan pangkalan LPG 3kg," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed