DetikNews
Jumat 08 Desember 2017, 10:14 WIB

Pertamina akan Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Kabupaten Semarang

Eko Susanto - detikNews
Pertamina akan Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Kabupaten Semarang Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang - Untuk mengatasi kelangkaan elpiji 3 kg, PT Pertamina Marketing Operation Region IV wilayah Jateng-DIY akan melakukan operasi pasar di wilayah Kabupaten Semarang. Delapan titik dijadikan tempat operasi pasar.

"Kami lakukan operasi pasar di beberapa kecamatan di Kabupaten Semarang," kata Andar Titi Lestari, Manager Communication and CSR MOR IV.

Beberapa kecamatan yang menjadi sasaran operasi pasar di antaranya Kecamatan Tengaran, Suruh, Getasan, Ungaran Timur, Susukan, Bringin, dan Sumowono.

Menurutnya, operasi pasar akan dilangsungkan hari ini, Jumat (8/12/2017), dan Sabtu (9/12.2017). Pendistribusian elpiji 3 kg merupakan penugasan yang diamanahkan pemerintah kepada Pertamina sesuai dengan kuota yang telah ditentukan.

"Kami berkomitmen penuh dalam hal pendistribusian. Namun, dukungan penuh dari masyarakat dan pemda sebagai pengawasan di lapangan sangatlah diperlukan agar pendistribusian elpiji 3 kg tepat sasaran," katanya.

Elpiji 3 kg, kata dia, sangat dibutuhkan oleh rakyat miskin dan para usaha mikro, sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG.

"Kami harap masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa karena Pertamina selalu mengevaluasi kebutuhan riil penggunaan elpiji 3 kg. Apabila (elpiji 3 kg) dirasa kurang, Pertamina akan menyuplai elpiji 3 kg secukupnya sesuai kebutuhan di wilayah tersebut," ujarnya.

Selain operasi pasar, katanya, ada tambahan-tambahan fakultatif di beberapa kota, seperti Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Tegal, hingga 20.160 tabung elpiji 3 kg.

"Untuk tambahan fakultatif atau extra-dropping, kami lakukan di Kota Pekalongan sebanyak 5.600 tabung, Kabupaten Pekalongan 9.520 tabung, Kabupaten Pemalang 3.360 tabung, dan Kabupaten Tegal 1.680 tabung," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed