DetikNews
Kamis 23 November 2017, 17:29 WIB

Pemblokiran Situs Negatif Bukan Target Utama Menkominfo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pemblokiran Situs Negatif Bukan Target Utama Menkominfo Ilustrasi Mesin Sensor Pornografi (Foto: Muhammad Ridho)
Solo - Situs internet berkonten negatif semakin merebak seiring perkembangan teknologi. Meski demikian, pemblokiran situs-situs tersebut bukan merupakan target utama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menkominfo, Rudiantara, justru mengajak masyarakat yang berperan aktif memerangi konten negatif. Pemblokiran merupakan langkah terakhir yang dilakukan pemerintah.

"Jumlah situs yang diblokir bukan tujuan utama Kominfo, itu sebetulnya upaya yang terakhir. Yang utama kita lakukan adalah pendekatan ke hulu, bagaimana memberdayakan masyarakat agar mampu memilah dan memilih konten di dunia maya," kata Rudiantara di Solo, Kamis (23/11/2017).

Menurutnya, upaya sterilisasi tidak akan menghentikan penyebaran konten negatif. Justru dengan edukasi, konten negatif menjadi tidak dibutuhkan masyarakat.

"Yang kita utamakan literasi-literasi. Jangan membuat masyarakat steril, tapi imun, artinya kebal. Karena konten negatif tidak bisa 100 persen dihilangkan, difilter bagaimanapun tidak bisa steril 100 persen," kata dia.

Pemerintah pun memiliki program gerakan #SiBerkreasi sebagai wadah literasi masyarakat di dunia maya. Gerakan tersebut merupakan tempat bagi seluruh kalangan masyarakat berkreasi membuat konten-konten positif.

"Kami ada gerakan #Siberkreasi, siapa saja bisa masuk, dari pemerintah, LSM, perguruan tinggi, aktivis, artis, korporasi. Semua bersama-sama bergerak memerangi konten negatif," ungkapnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed