DetikNews
Jumat 10 November 2017, 16:17 WIB

Usai Makan Mi Instant, 14 Siswa SD di Kudus Dilarikan ke Rumah Sakit

Wikha Setiawan - detikNews
Usai Makan Mi Instant, 14 Siswa SD di Kudus Dilarikan ke Rumah Sakit Salah seorang siswa SD Kayuapu Kudus yang dirawat di rumah sakit. Foto: Istimewa
Kudus - Belasan siswa SD Kayuapu Kudus harus dilarikan ke RSUD Loekmono Hadi. Siswa kelas III dan VI mengalami mual dan lemas setelah mengonsumsi mie instant.

Kepala SD Kayuapu Suparmin mengatakan, siswa mengalami lemas dan mual setelah mengonsumsi mie instant dari penjual di luar sekolah.

"14 siswa dilarikan ke rumah sakit. Sebelumnya sudah ada yang sembuh hanya saja masih dalam pantauan RSUD," ujar Suparmin kepada wartawan di RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jumat (10/11/2017).

Suparmin menjelaskan terdapat tiga kantin yang terpantau pihak sekolah. Sejauh ini, dia mengaku juga selalu menyosialisasikan ke siswa-siswanya untuk membeli makan dan minuman di kantin sekolah.

"Biasanya semua siswa jajan di kantin. Baru kali ini kecolongan," paparnya.

Sementara Muhammad Rizki Prasetyo, siswa kelas VI mengatakan, dia dan teman-temannya merasa pusing dan mual setelah makan mie rebus instant dengan bumbu saus dan kecap yang dibeli saat jam istirahat.

"Perutnya sakit dan pusing," katanya.

Humas RSUD Loekmono Hadi Kudus Saiful Anas menambahkan pihaknya menerima 13 pasien dari SD yang terletak di Desa Gedangmanis, Kecamatan Bae ini pada pukul 09.30 WIB. Sementara pada pukul 13.00 WIB ada tambahan satu pasien lagi.

"Jadi todal ada 14 pasien keracunan," jelasnya.

Pihak rumah sakit sudah mengambil sampel mie. Sampel ini akan dicek oleh Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus.

"Disarankan untuk rawat jalan sembari menunggu hasil dari perkembangannya," pungkas Saiful.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed