DetikNews
Jumat 10 November 2017, 15:07 WIB

Hari Pahlawan, Warung di Yogya Ini Jual Semua Menu Serba Rp 2.000

Usman Hadi - detikNews
Hari Pahlawan, Warung di Yogya Ini Jual Semua Menu Serba Rp 2.000 Warung makan di Yogya yang banderol makannya serba Rp 2.000 hari ini. Foto: Usman Hadi
Yogyakarta - Cara unik dilakukan pemilik warung makan di Jalan Bintaran, Kota Yogyakarta untuk memperingati Hari Pahlawan. Pemilik warung hanya mematok harga Rp 2.000 untuk semua jenis makanan yang disajikannya.

"Memperingati Hari Pahlawan Nasional kali ini semua makanan saya jual seharga Rp 2.000," kata pemilik warung, Anton Sujarwo kepada wartawan, Jumat (10/11/2017).

Anton menerangkan, walaupun hanya membayar Rp 2.000 setiap pembeli dipastikan bisa makan sepuasnya. Pihaknya juga tidak membatasi golongan mana pembeli tersebut, asal datang ke warungnya mereka bisa mendapatkan diskon.

Hari Pahlawan, Warung di Yogya Ini Jual Semua Menu Serba Rp 2.000Tata tertib makan serba Rp 2.000. Foto: Usman Hadi


"Mau yang beli orang kaya atau golongan tidak mampu semuanya saya layani dengan harga Rp 2.000. Pokoknya bebas mau nambah, yang penting tidak dibungkus saja," paparnya.

Namun Anton membatasi makanan yang didiskon hanya sebanyak 200 porsi saja, dengan menunya seperti sayur terong, sayur bayem, sayur lombok tempe dan sop. Tak hanya itu, dia juga menyediakan beberapa gorengan seperti tahu goreng, tempe goreng dan bakwan.

"Saya buka warung dari jam 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB," ungkapnya.

Dia melanjutkan, gagasan memberikan makanan berdiskon ini adalah hasil kerjasama dengan gerakan Sungguh Cinta Indonesia, pimpinan Pendeta Caleb Hover Bintoro. Tujuannya untuk menggugah semangat kepahlawanan.

"Juga kami ingin menyatukan masyarakat Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika ini lewat makanan," ucap salah satu panitia Sungguh Cinta Indonesia, Anton Salim.

Menurut Salim, walaupun Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945 kenyataannya masih banyak orang yang kekurangan. Oleh karenanya diskon di warung makan ini diharapkan bisa menjadi wadah berbagi antar sesama.

"Kami ingin berbagi tetapi juga ingin menanamkan rasa tanggung jawab dengan membayar Rp 2.000 untuk makanan yang dibeli," pungkas dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed