Kata Gubernur Ganjar Soal Spirit Pahlawan Zaman Now

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 10 Nov 2017 12:48 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang. Foto: Dok Pemprov Jawa Tengah
Semarang - Anti hoax, anti narkoba, peduli bencana, peduli difabel, dan kegiatan positif lainnya menurut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merupakan spirit pahlawan zaman now. Dengan belajar dari semangat perjuangan pahlawan zaman dulu, generasi milenial bisa menjadi pahlawan dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Ganjar mengatakan tokoh-tokoh hebat zaman dulu sudah melahirkan negara ini dengan semangat kepahlawanan. Dan kini giliran generasi penerus termasuk generasi milenial untuk menjaga dan mengisinya.

"Tadi pidato bu Menteri Sosial bagus ya kalau dari sisi kesejarahannya kan banyak pengorbanan dari tokoh hebat melahirkan republik, merawat republik, tentu kita generasi berikutnya mengisi, apalagi generasi zaman now. Generasi zaman now yang milenial ini bisa belajar dari para pahlawan kita. Pertama pengorbanan, kemudian bicara mengisi kemerdekaan," kata Ganjar di kantornya, Jalan Pahlawan No 9, Mugassari, Semarang Jumat (10/11/2017).

Menurut Ganjar, nilai kepahlawanan saat ini ada pergeseran melalui tindakan yang unik dan menginspirasi. Antara lain orang-orang atau komunitas yang bergerak memberantas hoax, peduli dengan program Keluarga Berencana, misalnya.

"Umpama di Medsos saya ketemu komunitas peduli orang sakit, peduli difabel, peduli bencana, peduli KB, anti narkotika, mereka membangun anti hoax. Sebenernya kita butuh pahlawan baru seperti itu. Mereka yang selalu berbicara harapan, negeri ini punya harapan," ujar Ganjar.

Menururt Ganjar, para generasi muda yang memiliki prestasi perlu ditonjolkan untuk memberikan inspirasi. Mereka pun bisa menjadi pahlawan yang memberikan inspirasi kepada bangsa.

"Spirit pahlawan zaman now mengisi kemerdekaan dengan tindakan kreatif, ekonomi kreatif, berpikir positif. Itu tadi anti hoax, anti narkoba, anti radikal, orang yang kreatif dan inovatif itu juga pahlawan," pungkas politis PDI Perjuangan itu.

Memperingati Hari Pahlawan, Gubernur Ganjar hari ini melaksanakan kegiatan rutin. Selain upacara, pagi tadi Ganjar juga berziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang dan melakukan tabur bunga. (alg/sip)