DetikNews
Kamis 02 November 2017, 19:15 WIB

Dukung Revolusi Mental, Umat Buddha Gelar Lomba Baca Kitab Suci

Pertiwi - detikNews
Dukung Revolusi Mental, Umat Buddha Gelar Lomba Baca Kitab Suci Foto: Pertiwi/detikcom
magelang - Umat Buddha akan menyelenggarakan lomba Swayamvara Tripitaka Gatha (STG). Lomba membaca kitab suci Tripitaka tingkat nasional tahun 2017 itu akan digelar di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan tiga tahun sekali itu, merupakan wujud dari upaya umat Buddha untuk mendukung gerakan revolusi mental menuju Indonesia yang lebih baik.

"Salah satu tujuan utama pelaksanaan swayamvara ini, tidak hanya untuk memberikan kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya memahami kitab suci, namun juga supaya mereka memiliki pegangan dan arah yang jelas," jelas Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG), Arief Harsono, kepada detikcom, Kamis (2/11/2017).

Menurutnya, ketika hal tersebut tercapai, generasi muda bisa menjadi agen perubahan untuk meneruskan kelangsungan agama Buddha di Indonesia ke depannya.

"Sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu "Melalui Swayamvara Tripitaka Gatha Nasional, Kita Wujudkan Revolusi Mental Umat Buddha Indonesia yang Bhineka"," kata Arief.

Menurutnya kegiatan STG merupakan ajang lomba seni budaya dan tari kreasi Buddhis. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemahaman terhadap kitab suci agama Buddha, Tripitaka. STG diselenggarakan oleh LPTG yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 60 tahun 2016. Lembaga ini beranggotakan majelis dan lembaga agama Buddha yang ada di Indonesia.

Arief menyebutkan, ada sebanyak 1600 peserta dari 32 provinsi di Indonesia yang ikut dalam kegiatan ini. Para peserta nantinya akan memperebutkan piala Presiden RI setelah lebih dulu mengikuti sebanyak 12 lomba yang disiapkan oleh panitia. Diantaranya lomba membaca dhammapada, paritta, sutra, dokyo syodai, membaca dhammadesana, dan lainnya.

"Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 5 November mendatang," kata Arief.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed