DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 16:20 WIB

Ingin Jadi Cagub Independen di Jateng? Cari Dulu 1,7 Juta Pendukung

Uje Hartono - detikNews
Ingin Jadi Cagub Independen di Jateng? Cari Dulu 1,7 Juta Pendukung Joko Purnnomo (Foto: Pertiwi/detikcom)
Banjarnegara - Dinamika menjelang Pilgub di Jateng tak segencar dua daerah tetangganya. Banyak parpol masih saling menunggu. Bisa jadi ini memberi angin bagi perseorangan yang ingin maju sebagai cagub independen. Namun syaratnya, harus mengumpulkan 1.781.606 KTP terlebih dulu untuk mendaftar.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo, saat sosialisasi Pilgub di Banjarnegara, Kamis (19/10/2017). Dikatakannya, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan masih dibuka dari Bulan November hingga Desember 2017 nanti.

"Saat ini sudah ada lima orang yang berkonsultasi ke KPU Jawa Tengah terkait pencalonan dari jalur perseorangan. Lima orang tersebut dari kalangan profesional, pengusaha hingga petani," terangnya.

Jumlah KTP yang dikumpulkan tersebut mengacu pada 6,5 persen dari jumlah penduduk di Jawa Tengah yakni 27 juta jiwa. Nantinya, Joko menjelaskan, identitas dukungan calon perseorangan KTP elektronik atau surat keterangan serta disusul keterangan dari pemerintah desa.

"Upaya ini dilakukan agar nanti saat pengecekan lebih mudah," ujarnya.

Adapun tahapan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah dari jalur partai poltik dijadwalkan Januari 2018. Sedangkan untuk penetapan pada Bulan Februari 2018.
(mbr/mcs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed