Di Jepara, 14 Parpol Resmi Terdaftar di KPU, Partai Idaman Gagal

Wikha Setiawan - detikNews
Rabu, 18 Okt 2017 10:13 WIB
Suasana pendaftaran parpol di KPU Jepara. (Foto: Wikha Setiawan/detikcom)
Jepara - Sebanyak 14 dinyatakan diterima pendaftarannya sebagai peserta Pemilu 2019 di KPU Jepara. Sedangkan Partai Idaman dinyatakan gagal karena tidak memenuhi persyaratan.

Komisioner KPU Kabupaten Jepara, Anik Solihatun, menuturkan Partai Idaman secara resmi mendaftar dan menyerahkan berkas menjelang berakhirnya waktu perpanjangan, tadi malam.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas ternyata masih terdapat kekurangan persyaratan. Diantaranya daftar nama anggota, salinan KTA dan KTP kurang dari syarat minimal atau seperseribu. Selain itu juga tidak sesuai dengan yang diserahkan DPP Partai Idaman ke KPU Pusat.

"Karena tidak memenuhi syarat, kami kembalikan berkasnya," ujar Anik, Rabu (18/10/2017) pagi, sembari menambahkan bahwa keikutsertaan Partai Idaman dalam Pemilu nantinya akan ditentukan oleh KPU pusat.

"Jadi, meski tidak memenuhi syarat di Jepara belum tentu gagal jadi peserta Pemilu. Nanti, lihat dulu hasil di KPU Pusat," lanjutnya.

Sedangkan 14 parpol lainnya yang mendaftar, dinyatakan telah memenuhi persyaratan. Persyaratan 7 parpol telah lengkap sejak awal yaitu Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Golkar, PAN, PKS, PSI dan PDI Perjuangan. Sedangkan 7 parpol melengkapi persyaratan setelah diberi waktu perbaikan oleh KPU yaitu Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Berkarya, PPP, Partai Demokrat, PKB, dan PBB. (mbr/mbr)