DetikNews
Selasa 17 Oktober 2017, 15:23 WIB

3.000 Onthelis akan Kumpul di Yogyakarta

Usman H - detikNews
3.000 Onthelis akan Kumpul di Yogyakarta Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Sebanyak 3.000 onthelis dari dalam dan luar negeri akan berkumpul di Kota Yogyakarta. Mereka akan mengikuti acara Jogja Republik Onthel (JRO) 2017.

Acara JRO ini akan digelar tanggal 13-22 Oktober 2017. Rencananya acara ini akan dipusatkan di Museum Benteng Vrederburg Yogya.

Presiden JRO 2017, Muntowil menjelaskan JRO 2017 adalah sebuah acara yang rutin digelar oleh Paguyuban Onthel Djogjakarta (Podjok) tiap dua tahun sekali. JRO 2017 sendiri adalah even keenam yang sudah digelar paguyuban onthel terbesar di Kota Yogyakarta.

"Sebelumnya pernah digelar acara Temu Onthelis, Jogja Onthel Carnival, Kongres Sepeda Tua, Jogja Kembali Bersepeda 1, Jogja Kembali Bersepeda 2," kata Muntowil dalam konferensi pers di Legend Cafe, Kotabaru, Kota Yogyakarta, Selasa (17/10/2017).

Muntowil menambahkan dalam acara JRO 2017 itu akan hadir komunitas onthelis dari berbagai daerah di Indonesia seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Jakarta, Kosti Sumatera, Kosti Kalimantan, Kosti Sulawesi, Kosti Jawa Timur, Kosti Jawa Barat, dan Kosti Bali.

"Delegasi dari luar negeri yang konfirmasi menghadiri JRO 2017 ada dari Malaysia," tambahnya.

Tema yang diusung dalam JRO 2017 yakni 'onthel sahabat museum, museum selalu di hati'. Menurut Muntowil, dipilihnya tema ini karena pihaknya ingin pencinta onthel bisa lebih mencintai museum, apalagi museum adalah tempat mengenang dan belajar masa lalu.

"Nantinya penggemar sepeda tua akan diajak melakukan kirab sepeda dari museum ke museum. Ini adalah bentuk dukungan JRO 2017 terhadap keberadaan museum di Yogyakarta," paparnya.

Nantinya tidak hanya para onthelis yang terlibat dalam acara ini, melainkan juga melibatkan sejumlah budayawan dan seniman. Seperti Garin Nugroho, Romo Sindhunata, Djoko Pekik, Ong Hari Wahyu, Edi Sunaryo, Kartika Affandi dan lain-lain.

"JRO 2017 sendiri akan diawali Pameran Sepeda Tua Sarekat Onthel di Bentara Budaya Yogyakarta tanggal 13-22 Oktober. Selanjutnya ada acara Pasar Onthel di Halaman Benteng Vrederburg tanggal 21-22 Oktober," ungkapnya.

Selanjutnya ada Deklarasi Jogja Republik Onthel juga akan digelar di halaman Banteng Vrederburg, tanggal 22 Oktober 2017 pukul 06.30-08.00 WIB. Terakhir ada Kirab Sepeda Onthel yang akan menjelajahi sejumlah museum yang ada di Yogyakarta.

"Acara ini juga sebagai bentuk mengkampanyekan kembali gerakan bersepeda, agar masyarakat hidup lebih sehat. Karena sebenarnya untuk menjadi sehat itu murah dan sakit itu mahal. Bersepeda itu sangat gampang," pungkasnya.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed