DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 17:40 WIB

Data Tak Cocok, KPU Banjarnegara Kembalikan Berkas NasDem

Uje Hartono - detikNews
Data Tak Cocok, KPU Banjarnegara Kembalikan Berkas NasDem Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Hingga menjelang batas akhir pendaftaran, masih sedikit parpol lama maupun baru yang menyerahkan berkas/dokumen. Batas akhir penyerahan berkas pada hari Senin (16/10/2017).

Parpol yang mendaftarkan di KPU Banjarnegara hari ini adalah Partai Nasdem. Namun oleh KPU Banjarnegara dikembalikan karena ditemukan data yang tidak sinkron antara dokumen kartu tanda anggota (KTA) dengan KTP.

Ketua KPU Banjarnegara Gugus Risdaryanto mengatakan setelah Perindo, PDI Perjungan, saat ini giliran Partai Nasdem yang menyerahkan dokumen pendaftaran. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan beberapa data yang tidak cocok antara KTA dan KTP di sejumlah kecamatan.

"Ada data antara KTA dan KTP yang belum sesuai. Makanya berkas dikembalikan untuk diperbaiki," kata Gugus di kantor KPU Banjarnegara, Jumat (13/10/2017).

Dia mengatakan setelah dikembalikan, masing-masing parpol diminta untuk memperbaiki. Batas akhir penyerahan berkas tanggal 16 Oktober 2017 pukul 12 malam.

"Kami mengimbau agar tidak mengulur-ulur sehingga ketika terjadi kesalahan masih ada waktu untuk dilakukan perbaikan. Kalau nanti waktunya mepet bila terjadi kesalahan akan kerepotan," katanya.

Ketua DPD Partai Nasdem Banjarnegara, Supoyo mengatakan pihaknya sudah menyerahkan 1.222 dokumen anggota ke KPU Banjarnegara. Jumlah tersebut lebih banyak dari ketentuan yakni 1.002 sesuai jumlah penduduk di Banjarnegara.

"Saat terjadi kesalahan dokumen, kami sudah mempunyai banyak cadangan. Sehingga, tinggal mengganti dokumen saja," katanya.

Sementara itu DPC PDIP Banjarnegara telah menyerahkan 1.219 KTA dan KTP ke KPU. Saat ini juga masih menunggu hasil pemeriksaan berkas oleh KPU.

"Yang kami serahkan sebanyak 1.219 berkas dan tinggal nunggu pemeriksaan dari KPU dan dicocokan dengan data Sipol," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Banjarnegara, Saeful Muzad.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed