DetikNews
Kamis 12 Oktober 2017, 14:36 WIB

Pelaku yang Membunuh dan Membuang Bayi di Purworejo Tertangkap

Rinto Heksantoro - detikNews
Pelaku yang Membunuh dan Membuang Bayi di Purworejo Tertangkap Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Reni Nurhayati (22), warga Desa Binangun, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ditangkap polisi karena tega membunuh dan membuang anak kandungnya sendiri yang baru dilahirkan. Reni mengaku nekat melakukan perbuatan keji itu untuk menutupi malu karena anak yang dilahirkan merupakan hasil hubungan gelap dengan kekasihnya.

Pelaku ditangkap di rumahnya oleh petugas satreskrim Polsek Butuh setelah melakukan penyelidikan pasca ditemukannya jasad bayi di sebuah saluran irigasi desa setempat.

Saat ditangkap, pelaku yang melahirkan bayinya seorang diri dan tanpa bantuan petugas medis itu masih dalam keadaan lemas dan menangis.

"Pelaku memang mengakui perbuatannya itu. Karena kondisinya masih lemas sehabis melahirkan kemudian kami bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," ungkap Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya di mapolres di Jl Sudirman, Kamis (12/10/2017).

Menurut Teguh, petugas melakukan penyelidikan setelah ditemukan mayat bayi di sebuah saluran irigasi, Desa Binangun, Kecamatan Butuh, Purworejo, hari Jumat (6/10/2017) lalu. Saat ditemukan, jasad bayi perempuan dengan panjang 45 cm dan berat 980 gram itu masih terbungkus tas plastik warna hitam.

"Jasad bayi itu pertama kali ditemukan oleh warga setempat bernama Sunarto (40), yang mau membersihkan sampah di saluran irigasi itu," kata Teguh.

Atas temuan itu, petugas pun kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku. Pelaku adalah ibu kandung dari bayi tersebut. Pelaku sebelumnya bekerja di Bogor Jawa Barat dan pulang ke rumahnya sejak sebulan terakhir.

Namun, selama di rumah pelaku hanya mengurung diri di dalam kamar dan tidak mau berinteraksi dengan tetangga bahkan keluarga. Orang tua yang melihat perut anaknya membesar justru menyangka pelaku telah disantet orang lain.

"Jadi selama di rumah pelaku hanya mengurung diri dan tidak berinteraksi dengan orang lain hingga melahirkan bayinya sendiri," katanya.
Pelaku pembunuhan bayi Pelaku pembunuhan bayi Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


Saat bayi lahir lanjut Teguh, bayi langsung dibekap dengan menggunakan selimut dan dibungkus kain bekas terus dimasukkan ke dalam tas plastik kemudian di buang di saluran irigasi.

"Barang bukti berupa seragam sekolah bekas yang digunakan untuk membungkus bayi, selimut, ember, tas plastik serta karpet plastik," katanya.

Kondisi psikologi pelaku pun hingga kini masih belum stabil dan sering menangis. Pelaku kini ditahan di Mapolres Purworejo. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 80 UU RI nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan terhadap anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed