DetikNews
Kamis 05 Oktober 2017, 09:28 WIB

HUT TNI, Kodam IV/Diponegoro Gelar Operasi Katarak Gratis

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
HUT TNI, Kodam IV/Diponegoro Gelar Operasi Katarak Gratis Operasi katarak gratis di RSUD Ambarawa, Kabupaten Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Mengawali Hari Ulang Tahun ke-72 TNI, Kodam IV/Diponegoro memulai dengan dibukanya operasi katarak gratis di RSUD Ambarawa, Kabupaten Semarang. Program itu pun disambut baik dan banyak pasien yang datang dari berbagai daerah.

Ditargetkan ada 100 pasien yang akan memanfaatkan operasi gratis tersebut. Salah satunya Rohmat (60), pria paruh baya asal Argomulyo Salatiga yang sudah 10 tahun menderita katarak.

"Pandangan berkurang sejak 10 tahun lalu. Mata dua-duanya pandangannya kabur," ujar Rohmat di RSUD Ambarawa, Kamis (5/10/2017).

Operasi katarak gratis di RSUD Ambarawa, Kabupaten Semarang.Operasi katarak gratis di RSUD Ambarawa, Kabupaten Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Alasan tidak berobat dan operasi yaitu karena masalah biaya, padahal ia ingin melihat istrinya, Jumini (57) dan 3 anaknya lebih jelas. Selain itu jika sudah bisa melihat jelas, kesehariannya sebagai buruh bangunan bisa lancar. Harapannya itu muncul ketika ada pendaftaran operasi gratis di RS TNI di Semarang.

"Ya pekerjaan terganggu, sering salah manggil orang. Ingin lihat keluarga lebih jelas, selama ini kalau agak jauh tidak tahu itu siapa, termasuk keluarga sendiri," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Basri (70), pasien dari Tuntang Kabupaten Semarang. Sudah 4 tahun ia berusaha mencari pengobatan gratis untuk katarak di kedua matanya. Biaya ternyata cukup tinggi dan baru bisa teratasi satu mata itu pun program operasi gratis dari perusahaan BUMN.

"Katarak ini tidak bisa sembuh cuma dengan obat, harus operasi. Saya sudah tanya-tanya biayanya Rp 10 juta," ujar Basri.

Kini Rohmat, Basri, dan pasien lainnya tinggal menunggu giliran operasi dan berharap bisa kembali melihat dengan jelas di usia senja mereka.

Sementara itu Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Sabrar Fadilah mengatakan HUT TNI ke-72 bersamaan dengan HUT ke-67 Kodam IV/Diponegoro. Oleh sebab itu tidak hanya upacara, bakti sosial pun diberikan salah satunya pelayanan kesehatan.

"Terimakasih untuk semua bagian yang ikut berpartisipasi mendukung. Ada PT Sido Muncul, RSUD Ambarawa, Persatuan Dokter Mata, dan komponen lainnya," pungkas Sabrar.

Tidak hanya operasi katarak, Kodam IV/Diponegoro juga menggelar pelayanan kesehatan gratis di dekat lapangan upacara Panglima Besar Jenderal Soedirman tidak jauh dari RSUD Ambarawa.

Pelayanan kesehatan terdiri dari sunatan massal dengan target 120 anak, kemudian donor darah, pemeriksaan umum, dan pelayanan KB gratis. Tenaga medis yang disediakan dari Kesdam IV/Diponegoro, BKKBN, dan PMI.

"Ultah tahun ini yang kita selenggarakan semua untuk kebersamaan dengan rakyat, gotong royong. Kalau semakin solid bersama rakyat membangun bangsa akan mudah tercapai, salah satunya bakti kesehatan," tegas Sabrar.

Saksikan video 20detik ucapan Dirgahayu TNI menggema di twitter:

[Gambas:Video 20detik]


(alg/sip)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed