DetikNews
Selasa 03 Oktober 2017, 14:41 WIB

Instansi Militer Mulai Setor Pajak ke Pemkot Magelang

Pertiwi - detikNews
Instansi Militer Mulai Setor Pajak ke Pemkot Magelang Ilustrasi (Foto: Dok. Ditjen Pajak)
Magelang - Pajak bumi dan bangunan (PBB) dari instansi militer yang berada di Kota Magelang saat ini mulai bisa diakses oleh Pemkot setempat melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Sebelum ini kita belum bisa mengakses di instansi militer karena faktor komunikasi yang belum terjalin antara pengelola pajak dan wajik pajak," jelas Kepala BPKAD Kota Magelang, Larsita, Selasa (3/10/2017).

Dia menyebutkan, sesuai undang-undang, tidak ada pengecualian dalam penarikan pajak. Tidak ada pengecualian seseorang yang seharusnya menjadi wajib pajak namun terhindar dari membayar pajak.

"Sesuai undang-undang, semua wajib membayar pajak. Tugas kami untuk menyampaikan hal itu," imbuh Larsita.

Adapun instansi militer yang berlokasi di Kota Magelang dan menjadi objek pajak antara lain Kodim 0705/Magelang, Akademi Militer, Polres Magelang Kota, Polisi Militer. Potensi pajak dari instansi-instansi tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Untuk besaran pajak yang sudah kita tarik dari instansi militer di Magelang masih belum bisa kita rekap. Meskipun kecil, tapi tetap kami ingatkan, berapapun besaran pajak, tetap kami tarik. Saat ini mereka sudah menyetor pajak," ungkap Larsita.

Kepala Bidang Pendapatan, Wikan Kanugroho, menambahkan pihaknya sejauh ini telah melakukan sosialisasi dan tatap muka dengan instansi militer tersebut.

"Kami baru sebatas imbauan, nanti yang menyampaikan biar instansi militer yang di atasnya," katanya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed