detikNews
Jumat 29 September 2017, 23:06 WIB

Warga Purworejo Nonton Bareng di Rumah Achmad Yani

Rinto Heksantoro - detikNews
Warga Purworejo Nonton Bareng di Rumah Achmad Yani Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Pemerintah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah bekerjasama dengan Koramil Gebang, menggelar nonton bareng film G30S/PKI. Pemutaran film itu digelar di halaman rumah Jenderal Achmad Yani, Desa Rendeng, Kecamatan Gebang, malam ini.

Film berdurasi hampir 4 itu di tayangkan melalui layar besar. Ratusan warga menyaksikannya dengan duduk di atas kursi plastik dan tikar yang digelar memenuhi halaman. Tak luput ketinggalan, kerabat Pahlawan Revolusi Achmad Yani juga ikut menonton film karya sutradara Arifin C. Noer itu.

"Kami sengaja mengadakan nonton bareng film ini di halaman rumah A. Yani, selain memutar film sejarah untuk pengetahuan, masyarakat biar tahu juga rumah A. Yani yang ada di Purworejo ini," kata Aprilia Judianti, keponakan Jenderal Achmad Yani, kepada detikcom, Jumat (29/9/2017).

"Meskipun ada perasaan sedih, tapi demi sejarah pemutaran film ini tetap kami laksanakan," imbuhnya.

Adegan demi adegan diikuti dengan seksama oleh penonton yang mayoritas anak-anak dan kaum perempuan. Ada yang tersenyum, tertawa sampai ketakutan menghayati film itu.

Sementara itu Danramil Gebang, Kapten Sutrisno, mengungkapkan pentingnya menonton film sejarah G30S/ PKI. Hal itu juga merupakan bentuk penghargaan untuk para pahlawan revolusi yang telah gugur.

"Film ini penting untuk ditonton kembali oleh masyarakat dan juga pelajar, untuk mengetahui sejarah kelam yang pernah terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hal ini juga bentuk penghormatan bagi pahlawan revolusi yang telah gugur," kata Sutrisno.

Dia menegaskan kembali pentingnya bagi warga untuk mengetahui sejarah. Karena sejarah merupakan guru terbaik, maka perlu ditanamkan kepada masyarakat khususnya pelajar. Ia mengharapkan kedepannya tidak akan ada lagi peristiwa serupa yang terjadi.
Nonton bareng film G30S/PKI di rumah Achmad YaniNonton bareng film G30S/PKI di rumah Achmad Yani Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


"Terlebih pemutaran film ini sudah ada instruksi Panglima TNI melalui Dandim, jadi masyarakat terutama pelajar bisa memahaminya dengan baik, semoga dengan pemahaman itu tidak akan ada lagi peristiwa seperti itu, " imbuhnya.

Pemutaran film G30S/ PKI ini mendapat antusiasme tinggi dari para penonton yang menyaksikannya. Salah seorang pelajar, Ananda Dea Safitri (13) yang baru pertama kali menonton film tersebut, mengaku senang namun juga ngeri ketika menyaksikan film tersebut.

"Sengaja ke sini untuk menyaksikan pemutaran film G30S/PKI bersama teman-teman SMP. Baru pertama kali dan beramai-ramai untuk nambah wawasan juga, tapi filmnya ternyata begitu jadi gimana ya ngeri juga," ujar siswa SMP kelas 1 itu.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed