DetikNews
Minggu 24 September 2017, 18:27 WIB

Mbah Ledjar Dimakamkan di Pemakaman Seniman Imogiri, Bantul

Edzan Raharjo - detikNews
Mbah Ledjar Dimakamkan di Pemakaman Seniman Imogiri, Bantul Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Bantul - Dalang wayang kancil legendaris asal Yogyakarta, Ledjar Subroto atau akrab dipanggil Mbah Ledjar tutup usia. Almarhum Mbah Ledjar dimakamkan di kompleks Taman Makam Seniman dan Budayawan, Giri Sapto, Imogiri, Bantul, DIY.

Para seniman ikut mengantarkan Mbah Ledjar ke peristirahatan terakhirnya. Makam para seniman dan budayawan ini letaknya berdekatan dengan makam Raja-Raja di Imogiri.

Seniman Butet Kertaradjasa yang ikut mengantar ke pemakaman, mengatakan Mbah Ledjar adalah sosok orang tua yang mau membuka diri pada anak-anak muda. Sosok yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman.

"Sebagai orang tua yang selalu membuka diri pada anak-anak muda untuk bergaul. Orang tua yang gaulah, jadi dia tidak asyik ngeloni masa lalunya," kata Butet Kertaradjasa di pemakaman Mbah Ledjar.

Menurut Butet, Mbah Ledjar adalah orang yang intens, setia pada pilihan profesinya. Wayang kancil merupakan karya pencapaian terbaiknya.

"Mudah-mudahan ada murid-muridnya yang meneruskan, mengembangkan pencapaian kebudayaan yang dilakukan Mbah Ledjar," katanya.

Sebelumnya, Almarhum Mbah Ledjar rencananya di makamnya di makam Kuncen karena istri Mbah Ledjar yang sudah meninggal 2 tahun lalu juga di makamkan di TPU Kuncen, Yogyakarta.

"Rencana memang di Kuncen, tapi banyak saran termasuk para seniman untuk di makamkan disini (Taman Makam Seniman dan Budayawan). Keluarga juga sudah menyetujui," kata Taufik, orang yang membantu Mbah Ledjar membuat wayang.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed