DetikNews
Rabu 20 September 2017, 15:45 WIB

Film G30S/PKI akan Diputar di Balai Desa hingga Lapangan

Edzan Raharjo - detikNews
Film G30S/PKI akan Diputar di Balai Desa hingga Lapangan Brigjen Fajar Setiawan. (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Sleman - TNI akan menggelar acara nonbar film Pengkhianatan G30S/PKI. Pemutaran film di wilayah DIY dan Jawa Tengah bisa dilakukan di lapangan, balai desa, warung-warung kecil atau sekolah.

Danrem 072 Pamungkas, Brigjen TNI Fajar Setiawan mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan di seluruh Kodim sampai Koramil untuk melaksanakan nonbar film itu. Pemutaran film itu dilakukan untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah agar menjadi pelajaran bagi generasi muda.

"Teknisnya bisa di balai desa, sekolah, warung-warung kecil atau di lapangan juga bisa. Mengajak masyarakat, pelajar atau siapapun," kata Brigjen TNI Fajar Setiawan usai acara Rapat Koordinasi Nasional, Direktorat Jenderal Politik Dan Pemerintahan Umum, Kementrian Dalam Negeri di Sleman, DIY, Rabu (20/9/2017).

Modul film diberikan ke koramil yang kemudian disebarkan ke kelurahan atau sekolah. Ada 10 Kodim di wilayah Korem 072 Pamungkas yang siap melaksanakan nonbar. Pihaknya mengimbau warga untuk menonton. Terkait adanya masukan untuk batas umur yang diperbolehkan, pihaknya siap melakukan komunikasi seperti apa batasan umur tersebut.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed