DetikNews
Rabu 20 September 2017, 12:58 WIB

Ini Saran Sultan HB X terkait Pemutaran Kembali Film 'G30S/PKI'

Edzan Raharjo - detikNews
Ini Saran Sultan HB X terkait Pemutaran Kembali Film G30S/PKI Sri Sultan HB X. (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Sleman - Rencana nonton bareng (nonbar) film 'Pengkhianatan G30S/PKI', menimbulkan reaksi pro dan kontra di tengah masyarakat. Berbagai alasan dikemukakan. Gubernur DIY yang juga Raja Kesultanan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, memberikan saran khusus terkait itu. Apa isinya?

Sri Sultan HB X memberikan pendapatnya terkait kontroversi pemutaran kembali film 'Pengkhianatan G30S/PKI' arahan sutradara kenamaan (alm) Arifin C Noer tersebut. Menurutnya, silang sengkarut pro kontra terkait rencana nonbar film itu adalah hanya persoalan cara pandangnya saja.

"Cara melihatnya saja. Kalau dari sejarah, mungkin perlu. Kalau dari segi pendidikan karena di situ mungkin ada kekerasan, bagi anak-anak mungkin tidak bagus. Tergantung cara melihatnya," kata Sri Sultan HB X usai acara menghadiri Rakornas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri di The Rich Hotel, Sleman, DIY, Rabu (20/9/2017).

Sultan menekankan bahwa adanya unsur kekerasan dalam film tersebut jangan sampai ditonton oleh anak-anak. Anak usia PAUD dan SD harus dilindungi dari tayangan kekerasan dan sadistis, apalagi saat ini persoalan itu sudah diatur oleh undang-undang.

"Jadi bagaimana kalau untuk anak-anak, itu ya mungkin dipotong, diedit, karena nanti dianggap melanggar undang-undang bagi anak-anak," lanjut Sultan HB X.

Seperti diketahui, ajakan nonbar film 'Pengkhianatan G30S/PKI' marak dilakukan oleh sejumlah kelompok masyarakat.

Bahkan Panglima TNI, Jenderal (TNI) Gatot Nurmantyo, juga memerintahkan kepada seluruh prajuritnya untuk menyaksikan kembali film tersebut sebagai upaya meluruskan sejarah dan menunjukkan fakta yang terjadi. Alasannya, banyak prajurit TNI yang tidak tahu peristiwa kelam tahun 1965 yang digambarkan dalam film tersebut.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed