DetikNews
Jumat 15 September 2017, 15:14 WIB

Mortir Milik TNI Nyasar di Ladang Warga di Kebumen

Rinto Heksantoro - detikNews
Mortir Milik TNI Nyasar di Ladang Warga di Kebumen Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Sebuah mortir milik TNI nyasar dan terjatuh di sebuah lahan pertanian di Desa Kaibon Petangkuran, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Mortir tersebut jatuh di dekat warga yang tengah mengarap lahan.

Tidak ada korban dalam peristiwa itu namun sempat membuat warga kaget. Peristiwa itu terjadi pada hari, Kamis (14/9/2017) kemarin. Kebetulan lokasi jatuhnya mortir berdekatan dengan tempat latihan TNI di Kecamatan Ambal. Lokasi latihan dengan lahan milik warga hanya dibatasi pagar kawat saja.

Seniman (49), pemilik lahan jagung yang belum ditanami itu menuturkan dirinya bersama petani lainnya sekitar 15-an orang tengah mengerjakan lahan jagung. Sebelum jatuh di ladang terdengar suara gemuruh seperti pesawat. Sesaat kemudian mortir dengan panjang sekitar 30 cm tersebut jatuh dan bergerak menukik ke dalam tanah.

"Suaranya kayak pesawat menndengung itu dan tiba-tiba ada benda jatuh di ladang," tutur Seniman kepada detikcom Jumat (15/9/2017).
Ladang jagung tempat jatuhnya mortir Ladang jagung tempat jatuhnya mortir Foto: Rinto Heksantoro/detikcom


Dia mengaku tidak tahu benda yang jatuh ke tanah tersebut. Mortir tersebut berputar-putar kemudian masuk ke dalam tanah. Dia mengetahui benda itu mortir setelah ada anggota TNI yang datang.

"Tadinya kami nggak tahu itu benda apa kok ngguser-ngguser (bergerak menukik) di tanah. Tahunya setelah ada tentara datang, ternyata itu mortir," lanjutnya.

Seniman menambahkan, ketika mortir itu jatuh, di lokasi tersebut terdapat 15 petani yang sedang mencangkul lahan. Beruntung, peluru kendali aktif tersebut tidak meledak sehingga tidak ada korban.

"Ada banyak orang di sini. Jarak antara jatuhnya mortir dengan kami hanya sekitar 15-an meter saja. Alhamdulillah, itu tidak meledak sehingga tidak ada korban," pungkasnya.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti ketika dikonfirmasi mengenai peristiwa tersebut membenarkannya. Semua sudah ditangani langsung oleh TNI.

"Iya memang kemarin ada mortir yang nyasar atau rekoset ke lahan pertanian warga dan tidak ada korban," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072 Pamungkas, Mayor Samsul. Dia mengatakan mortir tersebut mengalami rekoset sehingga meleset dari sasaran sejauh 100 meter.

"Mortirnya mengalami rekoset sejauh 100 meter dari sasaran. Masuk ke area pertanian. Semua langsung diamankan pihak TNI dan langsung dimusnahkan di tempat yang aman," katanya.

Samsul menambahkan saat ini TNI tengah melakukan latihan di tempat itu. Pihaknya juga telah melakukan pengamanan terutama di kawasan yang berdekatan dengan lahan milik warga.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed