DetikNews
Rabu 06 September 2017, 15:59 WIB

Air dan Tanah Gunung Tidar untuk Pembuatan Monumen Persatuan

Pertiwi - detikNews
Air dan Tanah Gunung Tidar untuk Pembuatan Monumen Persatuan Foto: Pertiwi/detikcom
Magelang - Gunung Tidar menjadi saksi pertemuan antara tanah dan air yang akan dipergunakan dalam pembuatan Monumen Tanah Air Persatuan (MTAP). Monumen tersebut akan dibangun pada puncak peringatan Haornas XXXIV yang dipusatkan di Kota Magelang pada hari Sabtu (9/9/2017) mendatang

Material tanah lebih dulu diambil dari puncak Gunung Tidar. Sedangkan air diambil dari Tuk Drajat di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang.

Prosesi penyandingan kedua material tersebut dilaksanakan dengan iringan lantunan musik tradisional Jawa. Termasuk penggunaan Bahasa Jawa oleh seluruh peserta.

"Prosesi budaya ini dilakukan sebagai upaya melestarikan serta nguri-uri kebudayaan. Apalagi pembuatan monumen nanti menggunakan tanah dan air dari puluhan daerah lain," kata Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, di sela kegiatan, Rabu (6/9/2017).

Sigit mengatakan, pihaknya sangat bangga karena Kota Magelang ditunjuk sebagai tuan rumah Haornas. Apalagi Gunung Tidar terpilih sebagai lokasi pembangunan monumen.

"Monumen ini penting, dan ke depan bisa menjadi daya tarik wisata di Gunung Tidar yang selama ini sudah dikenal sebagai tujuan wisata religi," ungkapnya.

Untuk diketahui, tanah dan air yang sudah dipertemukan, akan disimpan terlebih dahulu. Keduanya akan dipajang di area Alun-alun Kota Magelang bersama dengan tanah dan air dari daerah lain. Bahan-bahan tersebut akan disatukan untuk membangun monumen yang menjadi simbol persatuan NKRI.

Asisten Deputi Sentra Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Teguh Raharjo menambahkan, Gunung Tidar cocok sebagai tempat pembuatan monumen.

"Ke depan, saya harap Gunung Tidar bisa menjadi destinasi wisata yang makin diminati," tandasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed