DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 14:59 WIB

Agen First Travel Yogya Terancam Merugi Rp 2 Miliar

Usman Hadi - detikNews
Agen First Travel Yogya Terancam Merugi Rp 2 Miliar Studio foto tempat agen First Travel Yogya numpang. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Agen Biro Umrah First Travel di Yogyakarta terancam rugi sekitar Rp 2 miliar, menyusul 300 pendaftar umrah yang gagal berangkat. Oleh sebab itu mereka mendesak First Travel pusat bertanggung jawab.

"Kalau tidak dikembalikan, ya rugi kan. Sekitar Rp 2 miliar kerugiannya, itu dari 300 (orang gagal berangkat)," kata salah satu pengelola agen First Travel di Yogya, Nur Vira Isnaini, kepada detikcom, Rabu (23/8/2017) siang.

Menurut Vira, calon jamaah umrah yang mendaftar di tempatnya, rata-rata dikenai biaya Rp 14,3 juta per orang. Namun terkadang ada biaya tambahan sekitar Rp 2,5 juta. Menurut Vira, uang tambahan tersebut yang meminta pihak First Travel pusat.

"Dari sana (First Travel pusat) kan berbeda-beda harganya. Kalau yang daftar ke kami rata-rata Rp 14,3 juta. Kadang ada tambahan (2,5 juta). Untuk satu orang saya dapat keuntungan Rp 200 ribu," ujarnya.

Baca juga: Korban First Travel di Yogya Mengadu ke LKY


Baca juga: Agen First Travel Yogya Hanya Numpang di Sebuah Studio Foto


Terkait adanya korban First Travel di Yogya yang mengadu ke Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY), Vira enggan berkomentar. Dia mengaku saat ini masih dalam posisi menunggu langkah pengacara untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

"Kami menunggu saja, kan kami punya perwakilan, pakai pengacara. Pengacara yang akan berusaha. Peluang-peluang akan terus kami coba," imbuhnya.



Vira mengatakan sejak tahun 2015 menjadi agen First Travel sudah ada 400 orang yang mendaftar lewat agen di Yogya. 100 orang sudah diberangkatkan umrah, sedangkan 300 orang lainnya belum berangkat.

"Total 400 orang daftar ke kami, yang sudah (berangkat) 100 orang, belum berangkat 300 orang. Mei 2017 mulai tidak lancar pemberangkatannya. Jumlah itu yang dari kami saja. Karena ada yang (berangkat) dari Yogya, ada yang dari Jakarta," ungkapnya.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed