DetikNews
Rabu 23 Agustus 2017, 14:43 WIB

Agen First Travel Yogya Hanya Numpang di Sebuah Studio Foto

Usman Hadi - detikNews
Agen First Travel Yogya Hanya Numpang di Sebuah Studio Foto Studio Foto Pelangi di Kotagede, Yogyakarta. (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Biro perjalanan umrah First Travel dikabarkan memiliki kantor perwakilan di Yogyakarta. Setelah ditelusuri, ternyata agen biro perjalanan itu hanya dikelola oleh perorangan yang numpang di sebuah studi foto di Kotagede, Yogyakarta.

Saat detikcom mendatangi lokasi yang biasanya digunakan untuk pendaftaran calon jamaah umrah, ternyata tempat itu adalah sebuah studio foto bernama Studio Foto Pelangi. Lokasinya di Jalan Karanglo No 32 Kotagede, Yogyakarta.

Tidak semua orang yang berkecimpung di Studio Foto Pelangi membantu unit usaha First Travel. Menurut informasi yang dihimpun detikcom, hanya beberapa orang saja yang mengurusi agen First Travel

Salah satu dari mereka adalah Nur Vira Isnaini. Vira mengakui hanya menjadi agen saja. Semua urusan terkait mekanisme pemberangkatan jamaah umrah, diurusi langsung First Travel pusat di Jakarta.

"Kami hanya agen (First Travel)," kata Vira kepada detikcom, Rabu (23/8/2017).

Vira telah menjadi agen First Travel sejak tahun 2015 lalu. Dari tahun 2015 sampai sekarang sudah ada 400 orang yang mendaftar lewat agen di Yogya. 100 orang sudah diberangkatkan umrah, sedangkan 300 orang lainnya belum berangkat.

"Total 400 orang daftar ke kami, yang sudah (berangkat) 100 orang, belum berangkat 300 orang. Mei 2017 mulai tidak lancar pemberangkatannya. Jumlah itu yang dari kami saja. Karena ada yang (berangkat) dari Yogya, ada yang dari Jakarta," ungkapnya.

Para calon jamaah umrah yang mendaftar ke agen First Travel di Yogya, disebut Vira, datang sendiri ke tempatnya. Dia membantah melakukan promosi door to door, karena First Travel sudah cukup terkenal, sehingga banyak dicari pelanggan.

"Karena sudah terkenal, orang datang saja. Sama sekali tidak ada itu door to door," lanjutnya.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed