detikNews
Jumat 18 Agustus 2017, 16:29 WIB

Lubang di Jembatan Rembang Ini Bertahun-tahun Tak Juga Diperbaiki

Arif Syaefudin - detikNews
Lubang di Jembatan Rembang Ini Bertahun-tahun Tak Juga Diperbaiki Foto: Arif Syaefudin
Rembang - Lubang di jembatan yang terletak di Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang sudah tiga tahun dibiarkan tak kunjung diperbaiki. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati agar bisa melaluinya dengan aman.

Terlebih saat malam hari, di sekitar lokasi sama sekali tidak didapati lampu penerangan jalan, sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan.

Jembatan ini menghubungkan Desa Pondokrejo, Kecamatan Bulu dengan Desa Pelemsari Kecamatan Sumber, Rembang. Lubang tersebut berdiameter kira-kira empat meter.
Lubang ini diameternya sekitar 4 meter. Lubang ini diameternya sekitar 4 meter. Foto: Arif Syaefudin
Jembatan tersebut merupakan jalur satu-satunya penghubung antara Kecamatan Sumber dengan Kecamatan Bulu. Jika ambrol, otomatis pengguna jalan harus mengambil jalur memutar, selisih sekira 20 kilometer.

Salah satu sopir truk tebu yang melintas, Zaenuri mengaku sudah selama tiga tahun kondisi tersebut dibiarkan saja. Lubang tersebut membuatnya khawatir dan was-was ketika melintasi jalur tersebut.

"Ya kalau lewat harus ekstra hati-hati. Apalagi kalau sudah isi muatan, tidak bisa sembarangan bawa muatan banyak, khawatirnya kalau terlalu berat malah ambrol itu jembatan," ungkapnya.

Sementara itu, Sulomo salah satu warga setempat mengatakan, lubang kian parah lantaran derasnya air yang mengalir dari parit. Sebelumnya, lubang serupa juga pernah terjadi namun di sisi sebelah utara jembatan.
Lubang di Jembatan Rembang Ini Bertahun-tahun Tak Juga DiperbaikiFoto: Arif Syaefudin
"Sebelumnya ada lubang yang juga sama lebarnya di sisi utara jembatan, tapi sudah diperbaiki. Tidak lama kemudian, gantian yang sebelah selatan yang berlubang. Sampai saat ini yang sudah parah," terangnya.

Ia berharap Pemerintah bisa segera memperbaiki jembatan tersebut. Jika terus dibiarkan, dikhawatirkan kondisi yang lebih parah akan terjadi, bahkan sampai harus memakan korban.

Kabid Jalan dan Jembatan pada DPU Taru Rembang, Gendro Wiyono, saat dikonfirmasi mengaku proses pengerjaan Jalan Sulang–Sumber tahap I sebagian telah dilaksanakan. Saat ini pengerjaannya dalam proses pemadatan. Sedangkan tahap II termasuk di dalamnya penggarapan jembatan penghubung Bulu-Sumber kini dalam proses lelang.

"Sudah masuk lelang saat ini, kalau prosesnya lancar kira-kira bulan depan sudah masuk penggarapan. Termasuk nanti jembatan yang berlubang itu akan kita garap sekalian," terangnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com