DetikNews
Minggu 13 Agustus 2017, 14:49 WIB

Nenek Manisah, Hidup Sebatangkara Ditemani 7 Ekor Ayam

Bagus Kurniawan - detikNews
Nenek Manisah, Hidup Sebatangkara Ditemani 7 Ekor Ayam Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Nenek Manisah (63) warga Kelurahan Kuta Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara hidup sebatangkara. Dia hidup seorang diri di rumahnya yang jauh dari layak, semenjak ditinggal suami 4 tahun lalu.

Sehari-hari dia mencari atau memulung sampah-sampah plastik untuk dijual kepada pengepul. Di rumahnya dia hanya ditemani 7 ekor ayam peliharaan yang sekaligus harta simpanannya.

Rumahnya seluas 15 meter persegi itu terbuat dari dinding kayu dan sederhana sekali. Rumah hanya berlantai tanah yang tampak pengap dan sempit. Bagian atap sudah miring dan harus disangga dengan kayu.

Di rumah itu, Manisah tinggal bersama 7 ekor ayam peliharaanya. Ayam-ayam itu menjadi harta andalannya jika memerlukan kebutuhan mendesak.
Pekerjaan sehari-hari mencari sampah plastik di pinggiran kota. Hasil mencari sampih plastik tidak seberapa.

Manisah mengaku, tidak setiap hari mendapat penghasilan dari memungut sampah plastik. Bila sampah-sampah plastik yang terkumpul cukup banyak, ia dapat mengantongi Rp 25 ribu sehari.

"Kadang tidak dapat sama sekali, kadang Rp 10 ribu tetapi kadang sampai Rp 25 ribu. Karena kaki saya sudah tidak bisa untuk berjalan jauh-jauh," tutur dia di rumahnya, Minggu (13/8/2017).

Namun dia mengaku beruntung, ayam peliharaannya sedikit membantu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, baik dari telor maupun menjual langsung ayamnya.

Manisah mengaku tidak mempunyai keahlian apa-apa selain memelihara ayam. "Dulu awalnya dikasih orang dua ekor ayam, sekarang sudah menjadi tujuh ekor ayam," kata dia.

Untuk makan sehari-hari, Manisah mengaku cukup melahap nasi dan sambal. Namun kadangkala jika ada rejeki, dia dapat membeli ikan asin.

Rumahnya yang mulai rusak itu, dia mengaku khawatir saat musim hujan. Saat turun hujan, beberapa bagian atap ada yang bocor. Dia pun tidak punya biaya untuk memperbaikinya. Tanah yang ia tempati juga bukan miliknya, namun milik tetangganya.

"Dulu saya punya anak, tetapi sekarang sudah meninggal dunia," tuturnya.

  • Nenek Manisah, Hidup Sebatangkara Ditemani 7 Ekor Ayam
    Foto: Uje Hartono/detikcom
  • Nenek Manisah, Hidup Sebatangkara Ditemani 7 Ekor Ayam
    Foto: Uje Hartono/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed