DetikNews
Selasa 08 Agustus 2017, 07:12 WIB

Menteri Lukman Ajak Siswa Madrasah Teladani Ki Hajar Dewantara

Usman Hadi - detikNews
Menteri Lukman Ajak Siswa Madrasah Teladani Ki Hajar Dewantara Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengajak untuk meneladani Ki Hajar Dewantara. Sebab Ki Hajar Dewantara yang memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, berhasil membawa perubahan di masyarakat lewat pendidikan.

"Saat ini kita berada di Kota Yogyakarta, tempat di mana Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara memulai ikhtiarnya membangun Indonesia," ujar Lukman dalam acara Ajang Kreasi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017, di Stadion Mandala Krida Yogya.

Lukman berharap ribuan peserta Aksioma dan KSM 2017, serta para guru madrasah dapat meniru Ki Hajar Dewantara. Dengan begitu diharapkan setiap orang bisa memiliki kepribadian bermutu. Para guru bisa menjadi figur teladan bagi para muridnya.

"Bagi Ki Hajar Dewantara, para guru hendaknya menjadi pribadi yang bermutu dan berkepribadian. Penting bagi setiap pendidik dan tenaga kependidikan untuk dapat hadir sebagai figur dan teladan," ungkapnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Kamaruddin Amin menambahkan, dari sakitar 3 ribuan siswa madrasah terdapat 4 siswa dari sekolah umum ikut serta dalam ajang ini. Keempat siswa tersebut berasal dari tiga provinsi, yakni Aceh, Lampung dan Kalimantan Timur.

"Dari SD ada dua orang, satu peserta dari Lampung dan satu peserta dari Aceh, mereka berdua berkompetisi di bidang matematika dan agama Islam. Sementara dua peserta lainnya berasal dari SMA, satu dari Kalimantan Timur dan satunya dari Aceh," ucap Kamaruddin.

Kamaruddin melanjutkan, Aksioma dan KSM 2017 di Yogyakarta akan dilaksanakan dari tanggal 7-12 Agustus. Selain Aksioma dan KSM, acara ini juga terdapat Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan ekspo madrasah.

"Aksioma akan diikuti 1.666 siswa, 130 juri dan 374 pendamping. Sementara KSM diikuti 476 siswa, 68 juri dan 374 pendamping. Untuk LKTI diikuti 204 siswa, 9 juri dan 102 pendamping. Secara keseluruhan yang terlibat dalam kegiatan ini ada sebanyak 3.403 orang," jabarnya.

Sementara acara ini akan dilangsungkan berbagai macam perlombaan, seperti Musabaqah Tilawatil Quran, pidato bahasa Arab, bahasa Inggris, lomba seni kaligrafi, lomba madrasah singer, dan lomba Hadrah. "Sedangkan untuk cabang olahraga ada bulutangkis, tenis meja dan futsal," tutupnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed