detikNews
Selasa 01 Agustus 2017, 11:09 WIB

Warga Purworejo Bersih Sungai Jelang Musim Kemarau

Rinto Heksantoro - detikNews
Warga Purworejo Bersih Sungai Jelang Musim Kemarau Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Ribuan warga di Purworejo, Jawa Tengah, turun ke sungai untuk melakukan tradisi tahunan bersih sungai menjelang musim kemarau. Bersih sungai ini dilakukan di sepanjang Sungai Silekor, Desa Semawung Daleman, Kecamatan Kutoarjo, Selasa (1/8/2017) pagi.

Selain membersihkan sampah di sekitar sungai, warga juga melakukan panen ikan atau menangkap ikan beramai-ramai. Tradisi tahunan bersih sungai ini dilakukan untuk membersihkan sungai, shingga saat musim penghujan tiba tidak terjadi banjir.

Selain untuk mencegah datangnya banjir, tradisi bersih sungai tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dinanti-nanti warga karena juga merupakan tradisi sekaligus mempererat tali silaturahmi warga. Mereka tidak hanya warga yang tinggal di Purworejo saja namun warga yang telah bekerja di luar Purworejo ada yang menyempatkan pulang untuk ikut tradisi ini.

Warga terutama laki-laki tua dan muda sejak pagi hingga siang langsung turun ke sungai. Mereka ada yang membawa jaring alat penangkap ikan. Sambil membersihkan sampah dipinggir-pinggir sungai, warga mencari ikan dengan berbagai alat saat sungai dangkal dengan kedalaman kurang dari 75 centimeter.

Ada banyak ikan seperti lele, nila, kutuk dan lain-lain di Sungai Silekor. Rata-rata warga yang ikut menangkap ikan bisa membawa pulang sekitar 5 kilogram.

Yuli Sulistiyaningsih (35) warga setempat yang ikut mencari ikan mengatakan selain ikut membantu kebersihan sungai, warga juga boleh menangkap ikan.

"Tradisi in tiap tahun untuk menyambut datangnya musim kemarau sekaligus panen raya ikan," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Hadi Sumarto (49). Setelah bersama-sama warga membersihkan sungai, sekaligus mencari ikan. Setiap bulan Agustus ada tradisi bedah sungai atau membersihkan sungai.

Menurutnya ikan-ikan yang hidup secara alami di sungai itu, sengaja tidak ditangkap selama satu tahun. Baru setelah acara bersih sungai, diperbolehkan mencari ikan.

"Ikan di sini lestari, dan tradisi ini sudah lama ada. Sungai ini merupakan sungai irigasi di wilayah Kutoarjo dan sekitarnya," katanya.
  • Warga Purworejo Bersih Sungai Jelang Musim Kemarau
    Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
  • Warga Purworejo Bersih Sungai Jelang Musim Kemarau
    Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
  • Warga Purworejo Bersih Sungai Jelang Musim Kemarau
    Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com