DetikNews
Kamis 20 Juli 2017, 11:44 WIB

Blangko Habis, Polresta Surakarta Terbitkan Hampir 500 SIM Sementara

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Blangko Habis, Polresta Surakarta Terbitkan Hampir 500 SIM Sementara SIM sementara Polresta Surakarta. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Blangko atau material bahan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satlantas Polresta Surakarta telah habis. Sebagai pengganti, petugas memberikan SIM sementara berbentuk lembaran kertas kepada pemohon.

Baur SIM Satlantas Polresta Solo, Aiptu Gusmou, mengatakan kehabisan blangko SIM juga dialami daerah lain. Hal tersebut disebabkan karena lelang pengadaan blangko di Korlantas Polri masih berlangsung.

"Bahan ini habis sudah sekitar tiga hari yang lalu. Sebagai gantinya kami berikan SIM sementara. Hingga pagi tadi kami sudah menerbitkan 420-an SIM sementara, siang ini belum ada 500 lembar," ujarnya, kamis (20/7/2017).

Dia mengaku belum mengetahui secara pasti kapan blangko SIM selesai dilelang. Pihaknya tetap menerbitkan SIM sementara hingga blangko SIM tiba.

"Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, sekitar dua-tiga minggu ke depan baru datang. Kami mohon masyarakat bisa bersabar," ujarnya.

Seorang pemohon SIM dari Kecamatan Banjarsari Solo, Kisno, mengaku kecewa atas habisnya blangko SIM di Satlantas Polresta Surakarta. Hal tersebut membuatnya harus bolak-balik mengurus SIM.

Setelah blangko SIM tiba, pemohon bisa datang kembali ke kantor Satlantas. SIM sementara kemudian diserahkan kepada petugas untuk dicetakkan SIM yang baru.

"Agak kecewa, soalnya nanti pasti harus balik ke sini lagi mengambil SIM. Tapi mau gimana lagi. Yang penting tidak ditilang kalau ada razia," kata dia.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed