DetikNews
Selasa 18 Juli 2017, 15:35 WIB

Dishub DIY: Belum Ada Taksi Online yang Selesai Urus Izin

Edzan Raharjo - detikNews
Dishub DIY: Belum Ada Taksi Online yang Selesai Urus Izin Foto: Infografis 11 poin aturan taksi online dan 3 poin keberatan penyedia aplikasi taksi online (Infografis: Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Yogyakarta - Peraturan Gubernur (Pergub) DIY nomor 32 tahun 2017 tentang angkutan taksi dan angkutan sewa khusus berbasis online dalam pelaksanaan tidak berjalan mulus. Bahkan sejak Pergub diberlakukan 1 Juli lalu, sampai saat ini belum ada taksi online yang sudah selesai mengurus perizinan sesuai ketentuan.

Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Gatot Saptadi menyatakan sampai saat ini operator taksi online yang beroperasi di DIY seperti Grab, Uber, Go Jek masih tahap konsultasi. Belum ada operator yang sudah menyelesaikanya sampai mendapat stiker (tanda khusus). Pihaknya menegaskan aturan Pergub tentang perizinan ditujukan untuk operator.

"Sampai sekarang yang sudah selesai sampai stiker itu ndak ada. Belum ada yang sampai selesai. Baru konsultasi, tiga itu (Uber, Grab, Go Jek," kata Gatot Saptadi di Yogyakarta, Selasa(18/7/2017).

Menanggapi sikap Paguyuban Pengemudi Online Jogjakarta (PPOJ) yang menolak Peraturan Pergub taksi online, pihaknya menegaskan aturan sudah ada maka harus ditegakkan dengan segala resiko. Proses pembuatan Pergub juga sudah melibatkan operator. Pengaturan terkait pajak, uji KIR maupun sticker diwajibkan untuk operator.

"Bukan sopir, itu perusahaan soal uji KIR, pajak, stiker. Kita tidak layani perorangan. Saya heran kenapa sopir, sopir itu kan pegawai perusahaan. Yang harusnya bergerak itu operator. Yang mengajukan izin dalam aturan adalah badan usaha," pungkas Gatot.
(bgs/bgs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed