DetikNews
Selasa 18 Juli 2017, 12:49 WIB

Kita Waras Bareng: Warga Yogyakarta Tolak Hak Angket KPK

Edzan Raharjo - detikNews
Kita Waras Bareng: Warga Yogyakarta Tolak Hak Angket KPK Aksi Warga Yogya tolak angket KPK. (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Hak angket KPK yang digulirkan DPR menuai kecaman dari berbagai elemen masyarakat. Berbagai elemen masyarakat di Yogyakarta juga menyatakan menolak hak angket KPK.

Aksi penolakan hak angket KPK dilakukan dengan deklarasi oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa dan lain-lain dengan aksi 'Kita Waras Bareng; Tolak Hak Angket KPK'.

Aksi diikuti puluhan orang digelar di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY di Jalan MT Haryono, Yogyakarta, Selasa (18/7/2017).

Mereka mendesak DPR menghentikan hak angket KPK karena bertentangan dengan konstitusi dan undang-undang serta mengutuk segala bentuk upaya pelemahan terhadap KPK dan penegakan hukum tindak pidana korupsi.

Selain itu mereka juga meminta Presiden memerintahkan partai pendukungnya untuk mundur dari pengajuan hak angket KPK, mengajak masyarakat mendukung pemberantasan korupsi dan mendukung KPK menuntaskan kasus korupsi e-KTP.

Tokoh NU DIY, A Malik Madani, mengatakan aksi digelar sebagai bentuk dukungan moral agar KPK tidak ciut nyalinya menghadapi berbagai upaya pelemahan KPK.

KPK, kata dia, merupakan lembaga yang prestasinya membanggakan dalam upaya pemberantasan korupsi. Oleh karenanya jika ada yang melemahkan, menjadi kewajiban moral elemen bangsa untuk memberikan dukungan terhadap KPK.

"Kita beri dukungan moril terhadap KPK agar tidak takut, tidak merasa gentar menghadapi segala kemungkinan," kata A Malik Madani.

Pihaknya tidak menganggap KPK berhala dan KPK pasti memiliki kelemahan. Tetapi kelemahan KPK jangan kemudian direspon dengan membentuk pansus angket.

Aksi diikuti 95 elemen yang tergabung dalam koalisi masyarakat sipil Yogyakarta diantaranya dari PWNU DIY, PUKAT UGM, PUSHAM UII, Forum LSM DIY, ABY, BEM, Gusdurian dan lain-lain.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed