DetikNews
Senin 17 Juli 2017, 19:10 WIB

Ini Dia Tuntutan 1.000 Dosen UGM soal Pansus Hak Angket KPK

Sukma Indah Permana - detikNews
Ini Dia Tuntutan 1.000 Dosen UGM soal Pansus Hak Angket KPK Aksi dosen dan mahasiswa UGM tolak Pansus KPK. Foto: Sukma Indah Permana/detikcom
Yogyakarta - Sebanyak lebih dari 1.000 dosen dan Guru Besar Univesitas Gadjah Mada (UGM) meneken pernyataan sikap penolakan terhadap Pansus Hak Angket KPK. Terdapat dua tuntutan pokok terkait isu ini.

"Yang pertama, mendesak DPR menghentikan hak angket KPK karena bertentangan dengan kontitusi dan undang-undang," seru Dekan Fakultas Psikologi UGM Prof Dr Faturochman MA yang diikuti oleh ratusan dosen di belakangnya.

Deklarasi ini berlangsung di Balairung UGM, Sleman, Senin (17/7/2017).

Selanjutnya, UGM juga mendorong Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memprioritaskan peradilan terhadap judicial review atas pasal tentang hak angket.

"Mencermati dinamika yang berkembang, utamanya adanya pengajuan judicial review atas pasal tentang hak angket, maka (kami) mendorong Mahkamah Konstitusi untuk memprioritaskan peradilan terhadap judicial review tersebut," tuturnya.

Hingga sore ini, sudah ada 1.027 dosen UGM yang menyatakan dukungannya kepada KPK. Penggalangan dukungan ini masih akan terus berlangsung hingga tanggal 19 Juli 2017 pukul 12.00 WIB.

Gerakan ini juga dibuka untuk mahasiswa, alumni dan tenaga pendidikan UGM. Dukungan terhadap KPK bisa disalurkan melalui website www.ugm-berintegritas.com.

Dosen Fakultas Hukum UGM Dr Zainal Arifin Muchtar SH LL M menambahkan total dukungan nantinya akan disampaikan langsung kepada KPK. Rencananya, perwakilan dari UGM akan datang ke KPK pada 20 Juli 2017 mendatang.

"Rencananya ke Presiden juga, tapi belum tahu pasti kapan," kata Zainal.
  • Ini Dia Tuntutan 1.000 Dosen UGM soal Pansus Hak Angket KPK
    Aksi dosen dan mahasiswa UGM tolak Pansus KPK. Foto: Sukma Indah Permana/detikcom
  • Ini Dia Tuntutan 1.000 Dosen UGM soal Pansus Hak Angket KPK
    Rektor UGM menyatakan dukungan untuk KPK. Foto: Sukma Indah Permana/detikcom

(sip/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed