ADVERTISEMENT

Masih Ada 363.594 Kendaraan dari Jateng Belum Balik ke Jakarta

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 02 Jul 2017 16:47 WIB
Iring-iringan mobil arus balik di tol darurat Pantura. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Brebes - Sepekan setelah lebaran, arus lalu-lintas di Pantura Jawa Tengah masih terpantau lancar. Puncak arus balik justru terjadi pada Jumat kemarin. Sedangkan sekitar 363,594 kendaraan pemudik hingga hari ini belum kembali ke Jakarta.

Kapolres Brebes, AKBP Luthfie Sulistiawan, memaparkan hingga sepekan setelah lebaran kendaraan masuk Jawa Tengah melalui Brebes sebanyak 898.856. Kendaraan yang masuk Jawa Tengah ini kemudian berangsur-angsur balik ke Jakarta sejak sehari setelah lebaran.

Dari data yang ada, kendaraan pemudik yang balik ke Jakarta mencapai puncaknya pada hari Jumat atau H+4 sebanyak 144.990. Pada Sabtu kemarin, jumlah arus balik berangsur mengalami penurunan.

Sedangkan yang semula diperkirakan akan ada lonjakan arus balik pada hari Minggu ini dengan jumlah yang besar, ternyata tidak terjadi. Kendaraan pemudik menuju arah barat atau Jakarta pada hari Minggu ini, tidak sebanyak yang terjadi pada Jumat.

"Jumlah arus balik yang sudah kami hitung hingga H+6 sebanyak 535.262 kendaraan, dan masih menyisakan sekitar 363,594 yang belum balik ke Jakarta. Atau 67,9 persen dibandingkan dengan semua kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah melalui Brebes," terang Luthfie Sulistiawan, Minggu (2/7/2017).

Jumlah kendaraan pemudik yang masih di kampung ini, menurut Kapolres, bukan berarti akan melakukan perjalanan ke Jakarta secara serentak pada hari Minggu ini. Diprediksi jumlah tersebut akan terbagi mengingat masih ada masa libur sekolah hingga 16 Juli.

"Bisa jadi pemudik ini akan menunggu hingga habis masa libur sekolah dan baru akan pulang ke Jakarta," imbuhnya.

Meski arus balik cenderung turun pada tujuh hari setelah lebaran, petugas tetap bersiaga mengantisipasi apabila terjadinya lonjakan arus kendaraan pada Minggu sore hingga malam. Semua petugas jaga diminta tetap waspada mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. (mbr/mbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT