DetikNews
Kamis 22 Juni 2017, 11:00 WIB

Yuk Abadikan Libur Lebaranmu di Spot Baru Wisata Borobudur

Pertiwi - detikNews
Yuk Abadikan Libur Lebaranmu di Spot Baru Wisata Borobudur Spot Payung Teduh di Candi Borobudur. (Foto: Pertiwi/detikcom)
Magelang - Ada suasana baru di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, dalam beberapa hari terakhir. Pada bagian akses jalan menuju candi, tepatnya di sisi selatan Taman Lumbini, terpasang payung berwarna-warni. Ayo kunjungi. Nikmati suasananya dan abadikan kehadiranmu di sana.

Tidak hanya membuat jalan menjadi lebih teduh, payung-payung tersebut juga dapat dijadikan spot berfoto dengan latar belakang candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Chrisnamurti Adiningrum, menuturkan spot baru tersebut memang sengaja disiapkan oleh pengelola untuk menyambut para pengunjung pada masa ramai libur Lebaran 1438 H/2017.

"Kami menamakan spot tersebut sebagai payung teduh," ujar Chrisna, di kantor TWCB, Kamis (22/6/2017).

Tak hanya menyiapkan spot payung teduh, berbagai fasilitas dan hiburan lainnya juga disediakan pengelola selama libur lebaran. Diantaranya atraksi seni dan budaya bregada, punakawan, pameran, jemparingan, dapur foto tempo doeloe, kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata hingga paket wisata VW.

Yuk Abadikan Libur Lebaranmu di Spot Baru Wisata BorobudurBerlatar Candi Borobudur, sangat ideal untuk berfoto (Foto: Pertiwi/detikcom)

TWCB juga melibatkan warga sekitar Borobudur berkreasi menampilkan berbagai pergelaran seni dan pameran UMKM untuk disuguhkan para pelancong. Diantara yang telah disiapkan adalah seni cokekan, sendratari Karmawibhangga, keroncong, wayang kulit dan pameran UMKM potensi desa di Kecamatan Borobudur.

Untuk menikmati segala kemegahan Borobudur dan semua sajian yang disiapkan itu, pengunjung tak terlalu banyak merogoh kocek. Tiket masuk pengunjung dewasa sebesar Rp 40.000, anak-anak Rp 20.000 dan anak sekolah Rp 20.000. Sedangkan turis asing harus membayar USD 40 untuk dewasa dan USD 25 untuk anak-anak.

Sedangkan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, TWCB menggandeng warga menyediakan kantong-kantong parkir. Lokasi yang disiapkan di Dusun Ngaran, Murahan, Janan, Cawangsari dan Lapangan Kujon. Seluruhnya di Desa Borobudur. Tarifnya Rp 30.000 untuk bus, Rp 15.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Tarif itu berlaku di semua area parkir.
(mbr/mbr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed